Rocky Gerung Soal Jokowi 3 periode: Lagi dihitung, kan kekuasaan punya rumus

Rocky Gerung Soal Jokowi 3 periode
Rocky Gerung Soal Jokowi 3 periode
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idRocky Gerung kembali menyoroti Isu perpanjangan masa jabatan presiden atau Jokowi 3 periode yang kembali muncul ke permukaan.

Rocky Gerung menilai saat ini kekuasan tengah melakukan hitung – hitungan untuk melihat berapa banyak yang mendukung isu Jokowi 3 periode tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya kira itu yang lagi dihitung kekuasaan. Kan kekuasaan punya rumusnya. Minimal berapa sih buat mendukung itu,” tutur Rocky Gerung menyinggung isu Jokowi 3 periode tersebut lewat kanal YouTube resminya, Minggu 27 Februari 2022.

Rocky  juga mengungkapkan bahwa partai penguasa PDIP akan membuat wacana penolakan terkait isu tersebut.

“PDIP tentu udah berhitung juga. Karena itu ibu Mega atau PDIP dengan cara yang agak patriotik menyatakan kami tidak akan mundur dari garis konstitusi. Kami akan berjalan lurus. Itu gak boleh ada 3 periode atau perpanjangan masa jabatan atau penundaan pemilu,” ungkap Rocky.

Pengamat politik tersebut menilai narasi yang dibangun PDIP soal penolakan3 periode tersebut hanya sebagai upaya saling gertak.

“Tapi ini baru di dalam upaya untuk saling gertak sebetulnya. Kita mau lihat bagaimana reaksi berikutnya nanti itu, karena kalau partai – partai yang lain sudah tunduk. Karena mereka disandera oleh kasus masing – masing,” tutur Rocky kembali.

Rocky menegaskan bahwa sikap PDIP perlu dicermati apakah mampu konsisten terhadap penolakan tersebut.

“Kita mau hitung apakah PDIP mampu untuk konsisten sementara dia disandera juga oleh beberapa kasus yang belum selesai,” ungkap pengamat politik tersebut.

Rocky Gerung meyakini bahwa LSM beserta buruh akan menolak gagasan perpanjangan atau 3 periode tersebut. Ia juga yakin beberapa parti seperti PKS dan Demokrat tetap pada pendirian menolak gagasan perpanjangan tersebut.

“PKS kita percaya karena dari awal PKS ambil posisi oposisi. Demokrat udah menyatakan menolak perpanjangan itu karena gak masuk akal,” tutur Rocky.

Mantan Dosen UI tersebut menilai kunci penolakan gagasan perpanjangan atau 3 periode tersebut ada di tangan partai besar, seperti PDIP.

“Jadi, tinggal sebetulnya partai besar, Ibu Mega. Kalau itu juga gagal, artinya yang kecil – kecil juga akan diasuh dengan cara kriminal, ” ungkap Rocky menyampaikan pandangannya.

Isu perpanjangan masa jabatan presiden atau penundaan pemilu 2024 memang beberapa kali digaungkan. Presiden Jokowi kerap memberikan penyataan tegas menolak gagasn tersebut.

“Usulan itu menjerumuskan saja,” cuit Jokowi pada Desember 2019 lalu lewat akun Twitternya menanggapi wacana perpanjangan masa jabatannya. [Hops]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *