Coba Bandingkan Biaya Kompor Gas dan Listrik, Mana yang Lebih Hemat?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajibews.id — Banyak orang melakukan perbandingan biaya kompor gas dan listrik untuk mencari tahu mana yang lebih hemat untuk digunakan. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Seperti diketahui bahwa saat ini kompor yang digunakan oleh masyarakat bukan hanya kompor gas, tetapi juga kompor listrik. Jika kompor gas menggunakan bahan utama gas untuk menghasilkan api, maka kompor listrik adalah kompor yang menghantarkan panas melalui energi listrik.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Biaya yang dikeluarkan untuk kedua kompor ini sebenarnya hampir serupa. Jika Anda menggunakan kompor gas, berarti Anda harus menyediakan budget untuk biaya gas setiap bulannya. Begitupun dengan kompor listrik, Anda harus menyediakan dana untuk tambahan biaya listrik per bulannya.

Lalu, mana yang sebenarnya lebih hemat digunakan? Bagaimana perbandingan biaya kompor gas dan listrik? Agar lebih jelas, simak penjelasan mengenai perbandingan biaya kedua hal tersebut berikut ini!

Perbandingan Biaya Kompor Gas dan Listrik

Menggunakan kompor gas dan kompor listrik dua-duanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa mempertimbangkannya dalam menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga Anda. Beberapa hal yang yang harus Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut.

Kompor Gas

Melansir dari consummeraffairs.com, penggunaan peralatan gas rupanya mampu menghemat sebanyak 30 persen dari tagihan listrik bulanan Anda.

Namun, meski bisa menghemat biaya listrik, penggunaan kompor gas ini juga memerlukan alokasi biaya untuk perawatan dan instalasi peralatannya seperti instalasi untuk jalur pipa gas dan perawatan khusus menggunakan teknisi.

Pada dasarnya, peralatan gas memang bisa dikatakan memakan biaya di awal, namun setelah digunakan biayanya justru lebih murah dibanding biaya listrik. Selain itu, kompor gas juga efektif digunakan karena cepat panas.

Dengan kompor gas, Anda bisa mengontrol tingkat panas yang dihasilkan dengan mudah yaitu hanya dengan memutar tuas ke atas atau ke bawah.

Kompor Listrik

Jika Anda menggunakan kompor listrik, Anda akan merasakan kelebihan kompor listrik yang lebih efisien dibanding kompor gas. Jika dihitung penggunaan bahan bakarnya, efisiensi kompor listrik bisa mencapai 100 persen, sementara kompor gas hanya berkisar 55-97 persen.

Selain itu, jika diperhitungkan, penggunaan energi dari kompor listrik yang ditransfer ke masakan hampir mencapai 74 persen. Angka ini lebih besar dibanding kompor gas yang hanya mentransfer energinya sebesar 60 persen.

Untuk mengetahui rincian perbandingan biaya kompor gas dan listrik Anda bisa melakukan perhitungan seperti di bawah ini.

Kompor Gas

Harga sebuah tabung gas elpiji Bright Gas 5,5 kilogram saat ini adalah Rp76.000 per tabung. Pemakaian satu tabung gas 5,5 kg selama 30 jam, maka Rp76.000 dibagi selama 30 jam. Sehingga rata-rata penggunaan per jam Rp2.550.

Kompor Listrik

Sebagai contoh, untuk rumah tangga menengah, daya listrik yang digunakan adalah 1.300-3.500 VA. Biaya per kWh-nya adalah sebesar Rp1.444,7/kWh. Lalu, asumsinya untuk sebuah kompor listrik membutuhkan daya sebesar 1.000 Watt/jam.

Maka, penggunaan kompor listrik selama satu jam adalah sebesar 1 kWh dan biayanya dapat dikalikan dengan biaya listrik per kWh yaitu 1 x Rp1.444,7 = Rp1.444,7 per jam.

Asumsi Pemakaian Kompor Gas dan Listrik

Jika dibandingkan dari asumsi pemakaian per jamnya, kompor listrik lebih hemat sekitar Rp1.105,3 per jam. Anda bisa bayangkan penghematan biaya ini dalam sebulan, akan sangat terasa selisih pengeluarannya.

Selain itu, penggunaan kompor listrik juga membantu mengurangi penggunaan energi gas yang lambat laun akan habis juga. Seperti diketahui bahwa gas berasal dari bahan bakar fosil yang tidak dapat diproduksi secara terus menerus. Lambat laun, bahan energi ini akan habis jika tidak digunakan dengan bijak.

Meski begitu, kompor listrik juga memiliki kekurangan karena harganya yang relatif mahal. Anda bisa mendapatkan kompor gas hanya dengan biaya di bawah Rp1 juta. Sementara itu, rata-rata harga kompor listrik bisa lebih dari Rp1 juta ke atas.

Inilah mengapa banyak masyarakat yang lebih memilih kompor gas dibanding kompor listrik meski secara penggunaannya, kompor listrik lebih hemat dan efisien, namun biayanya besar di awal.

Itulah perbandingan biaya kompor gas dan listrik yang berhasil dirangkum. Anda bisa menjadikan pertimbangan ini sebagai referensi dalam memilih kompor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *