Haedar Nashir Ingatkan Pemuda Muhammadiyah untuk Hayati Jiwa Kenegarawanan

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir (foto ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Sebelum secara resmi menutup Tanwir II Pemuda Muhammadiyah, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan sejumlah pesan.

Pesan tersebut disampaikannya berkaitan dengan tema kegiatan yakni “Gerakan Pemuda Negarawan” dan tantangan yang dihadapi ke depan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal tersebut diungkapkannya dalam Penutupan Tanwir II Pemuda Muhammadiyah secara daring pada Minggu (6/3/2022).

“Di titik inilah pesan saya selaku orang tua kepada ananda Pemuda Muhammadiyah, hayati jiwa kenegarawanan ini dalam proses pembelajaran politik yang tidak sekali jadi,” kata Haedar.

Ia juga berpesan agar seluruh anggota, kader, dan pimpinan Pemuda Muhammadiyah satu sama lain dapat menumbuhkan alam pikiran, wawasan, dan orientasi tindakan yang terus memupuk pelajaran menjadi negarawan.

Haedar juga mengingatkan kepada mereka bahwa seorang negarawan mampu untuk jujur di saat keliru baik dalam ucapan, pikiran, langkah, atau tindakan yang membawa perjalanan bangsa menjadi berbelok atau salah arah.

Seorang negarawan, lanjut dia, tidak akan mencari-cari alasan untuk membenarkan alasan tersebut melainkan segera mengakui kekeliruannya lalu berjalan di ruang publik dengan jalan yang lurus berangkat dari hati nurani.

“Dan saat bimbang seperti itu, tanya hati nurani, suara kita, pemikiran kita, langkah kita, itu sesungguhnya demi dan atas nama apa? Demi dan untuk atas nama siapa? Tentu kita berharap bahwa semuanya demi dan atas nama kebenaran, kebaikan, kepantasan, untuk kebaikan bangsa dan negara,” kata Haedar.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *