Gus Baha: Orang Masuk Surga Bukan karena Amalnya Tapi Rahmat

Masuk Surga
Gus Baha
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ulama muda ahli tafsir, KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menjelaskan bahwa kebanyakan orang bisa masuk surga bukan karena amalnya.

Lantas apa yang bisa membuat bisa orang masuk surga? Gus Baha menjelaskan bahwa orang masuk surga itu karena mendapat rahmat dari Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Syarat masuk surga tidak perlu amal yang banyak, tapi harus punya hal ini,” kata Gus Baha dalam ceramahnya yang diunggah akun YouTube Santri Gayeng, dilansir Selasa (08/03/2022).

“Kata Imam Ghozali, saya tidak bercanda. Jika seorang mukmin takut masuk neraka, maka seharusnya, jika betul dia beriman, juga mungkin masuk surga,” ujarnya.

Tapi, lanjut Gus Baha, setan menggoda mukmin tersebut untuk membesar-besarkan kemungkinan masuk neraka. “Agar tidak nyaman di dekat Allah SWT,” imbuhnya.

Ulama asal Rembang Jawa Timur itu menerangkan, bahwa amal yang dilakukan manusia cukup penting sebagai modal ke surga, tetapi yang paling penting ialah mendapatkan rahmat Allah SWT.

“Dulu pun Nabi Adam masuk surga tanpa modal, dia belum pernah beramal, tapi tiba-tiba hidup di surga,” ungkap Gus Baha.

“Bagaimana mungkin? Amal sholehku tidak cukup, Gus? Karena masuk surga tidak perlu punya banyak amal saleh, hanya butuh rahmat Allah,” imbuhnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *