Dicap Sebagai Penceramah Yang Radikal, UAS Nantang: Ya Tangkap Saja

Dicap Sebagai Penceramah Yang Radikal
UAS
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idUstadz Abdul Somad atau UAS kembali merespons beredarnya daftar penceramah radikal. UAS namanya masuk dalam dafar penceramah radikal yang beredar belakangan di media sosial.

UAS menantang soal penceramah radikal ya tangkap saja.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dengan berkelakar UAS mengatakan daftar penceramah radikal yang beredar di media sosial itu justru jadi iklan promosi gratis lho. Maksudnya apa sih UAS ngomong gini, yuk simak.

Nantang tangkap saja

UAS mengatakan soal daftar penceramah radikal, pertama yang penting adalah pastikan itu daftar resmi atau hoax.

“Ini perlu diklarifikasi, resmi atau tidak, dibuatlah hendaknya definisi apa dan siapa yang radikal itu, orang yang masuk kategori radikal penuhi syarat atau tidak. Kalau tidak, itu iklan gratis, masyarakat yang nggak tahu (awalnya) malah malah cari-cari, apalagi (bila daftar penceramah) dikeluarkan sebelum Ramadan,” katanya dikutip dari Youtube Karni Ilyas Club, Rabu 9 Maret 2022.

UAS mengatakan dari daftar penceramah radika yang beredar itu, setahunya tidak ada tuh yang radikal, maksudnya penceramah yang tolak dasar negara Pancasila.

Masuk daftar Ustadz radikal UAS pernah ceramah di TNI AD diundang Kasad (tniad.mil.id)

“Sampai hari ini belum pernah menemukan (yang tolak dasar negara Pancasila) Kalau ada yang terbukti demikian, ya tangkap saja. Karena itu kan jadi fitnah,” katanya.

UAS mengingatkan kepada publik untuk cerdas merespons informasi yang masuk. Jangan merespons informasi dengan mata rabun, maksudnya menela buta-buta tidak berusaha mengecek kebenarannya bagaimana.

Tiga pesan UAS soal penceramah radikal

Ustadz Abdul Somad sebelumnya menyampaikan tiga pesan soal narasi daftar penceramah radikal yang belakangan ini heboh dan jadi sorotan publik. Apalagi Ustadz Abdul Somad (UAS) masuk nomor 5 dalam daftar penceramah radikal itu.

Pesan pertama UAS soal isu penceramah radikal, pastikan informasi itu benar atau tidak.

“Pertama, pastikan apakah ini hoax atau haq (benar). Jangan sampai masyarakat tertelan,” jelas UAS dikutip dari Catatan Demokrasi TV One, Selasa 8 Maret 2022.

Selanjutnya UAS berpesan, tindaklah orang yang bersalah dengan adil, jangan menyandera orang yang tidak bersalah.

Ustadz Abdul Somad. Foto: Youtube

“Pesan kedua, kalau memang orang bersalah, maka tunjukkan kesalahannya. Kalau dia salah pastikan hukuamnnya. Jangan sampai orang dibuat terikat tak bertali,” ujar UAS.

Pada pesan ketiga, UAS mengingatkan masyarakat bisa terpicu lho dengan narasi-narasi yang provokatif. Apalagi kondisi masyarakat saat ini sedang nggak baik-baik saja.

“Pesan ketiga, masyarakat yang sedang sakit itu biasanya lebih sensi, sensitif. Masalahnya bukan itu, tapi bisa jadi ini hanya akan jadi pemicu,” katanya.

Maka dari itu, UAS meminta awas hati-hatilah bernarasi sebab masyarakat kan beragam, jangan sampai kebhinekaan rusak dengan narasi yang tak produktif.***

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *