7 Tips Memilih Mobil Keluarga yang Terbaik untuk Anda

Tips Memilih Mobil
Tips Memilih Mobil
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Jangan sembarangan ketika membeli mobil untuk keluarga. Anda perlu mengikuti tips memilih mobil keluarga yang tepat agar menemukan mobil yang nyaman dan ramah di kantong. Impian naik mobil bersama keluarga pada saat mudik atau liburan di akhir pekan di tahun ini nantinya bisa tercapai.

Layaknya ketika membeli mobil pertama kali, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan mulai dari harga, kapasitas mobil hingga kualitas mesinnya. Cari tahu bagaimana Anda bisa menentukan mobil yang tepat dalam artikel ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bagaimana Cara Pilih Mobil Keluarga yang Tepat?

Kebanyakan mobil untuk keluarga yang tersedia adalah jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV. Mobil ini dirancang secara khusus supaya mampu mengangkut penumpang dan fokus pada kenyamanan dan keamanannya.

Ditambah lagi mobil jenis MPV sudah memiliki bagasi yang cukup luas dengan sistem jok yang bisa dilipat dengan praktis. Artinya kabin bisa mendapatkan tambahan bagasi, jadi tidak heran jika MPV adalah mobil untuk keluarga.

Cek beberapa tips berikut ini agar Anda tidak salah membeli mobil untuk keluarga.

1.     Jumlah dan Tingkat Kenyamanan Tempat Duduk

Hal pertama yang perlu dicek adalah jumlah tempat duduk penumpang dan tingkat kenyamanannya. Khusus mobil keluarga atau tipe MPV maka tempat duduk harus berjumlah 7 kursi.

Meskipun Anda tidak memiliki jumlah keluarga hingga 7 orang namun kursi bagian belakang masih bisa dilipat untuk dijadikan bagasi. Belum lagi jika Anda nantinya akan menambah anggota keluarga maka jumlah tempat duduk 7 sangat ideal.

Pada saat memilih kendaraan untuk keluarga selain jumlah tempat duduk perhatikan juga soal kenyamanannya. Setiap bangku harus nyaman dan lega karena mungkin saja Anda melakukan perjalanan jauh.

2.     Kapasitas Mesin dan Efisiensi Bahan Bakar

Selain memilih mobil yang nyaman dari segi tempat duduk, kenali juga kapasitas mesin mobil. Meskipun Anda tidak paham betul urusan mesin, namun penting untuk mengenali kapasitas mesinnya.

Kapasitas mesin ini biasanya diinformasikan dalam bentuk volume silinder piston mesin. Contohnya saja mobil dengan kapasitas mesin 1.000 cc yang artinya tenaga yang dihasilkan cukup besar. Tenaga besar bisa menghasilkan kemampuan akselerasi yang kencang dan penggunaannya pun dapat maksimal.

Sambil mempertimbangkan kapasitas mesin, Anda harus mengetahui konsumsi bahan bakarnya. Normalnya mesin dengan cc besar boros bbm, namun jika sudah memiliki teknologi irit bbm maka Anda bisa merasa aman. Konsumsi bbm ini nanti akan berpengaruh pada keuangan bulanan Anda.

3.     Kelengkapan Fitur Keamanan

Tidak kalah penting dengan dua hal sebelumnya, Anda juga harus tahu fitur keamanan apa saja yang telah digunakan pada mobil tersebut. Khususnya jika Anda akan sering berkendara dengan anak baik usia balita atau sekolah.

Beberapa fitur keselamatan yang wajib ada antara lain safety belt, dual airbag ada juga fitur seperti Anti Lock Braking System (ABS) dan Electric Brake Force Distribution (EBD). Kedua fitur tersebut untuk menghindari mobil oleng ketika melakukan pengereman mendadak.

4.     Berapa Biaya Perawatan yang Dibutuhkan

Tips memilih mobil keluarga yang selanjutnya adalah mengenai biaya perawatan yang akan berdampak pada finansial keluarga. Mahal tidaknya biaya perawatan ini dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan pada mobil tersebut.

Apabila teknologinya sangat kompleks maka kemungkinan biaya service atau tune up bisa melejit. Begitu pula dengan harga dari suku cadang yang seringkali luput untuk diperhatikan. Karena jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen Anda harus siap dalam memperhitungkan biaya penggantian suku cadang.

Anda bisa menanyakan langsung kepada sales mobil berapa biaya perawatan dan harga suku cadang di bengkel resmi mereka. Dari sinilah Anda bisa memperhitungkan mahal tidaknya biaya perawatan.

5.     Kemudahan Memperoleh Suku Cadang

Masih juga tergolong dalam masalah perawatan, namun kali ini adalah mengenai kemudahan dalam mendapatkan suku cadang. Setiap mobil pasti memiliki komponen yang rutin harus diganti seperti kampas rem, filter ac, aki dan masih banyak lagi.

Komponen tersebut belum termasuk suku cadang lain yang bisa mengalami kerusakan parah. Semua suku cadang ini harus mudah untuk dicari sehingga Anda tidak perlu menunggu lama dalam hal perbaikan.

6.     Harga Beli dan Harga Jual Kembali

Berbicara soal harga, ada dua hal yang harus dipertimbangkan yaitu harga beli dan nilai jual kembali. Anda harus menyesuaikan mobil keluarga dengan harga yang sesuai. Soal harga, salah satu mobil yang cocok untuk keluarga adalah al new brv.

Berapa harga all new brv 2022? Anda bisa langsung mengeceknya di marketplace terpercaya salah satunya adalah Blibli. Melalui Blibli Anda bisa mengecek langsung ketersediaan warna, harga, lokasi toko, diskon sampai dengan pengiriman.

Selain itu harga jual kembali dari mobil juga patut diperhatikan untuk berjaga-jaga ketika Anda ingin tukar tambah mobil baru. Setidaknya Anda tidak rugi terlalu banyak dari harga belinya.

7.     Jangan Lupakan Soal Test Drive

Membayangkan mobil atau hanya mengecek fisiknya saja tidak cukup, oleh karena itu penting sekali untuk melakukan test drive. Mencoba mengendarai mobil akan memastikan Anda soal kenyamanannya dan apakah kriterianya sesuai dengan yang diinginkan.

Supaya lebih yakin lagi Anda bisa mengajak keluarga yang juga akan ikut menjadi penumpang. Pastikan seluruh keluarga merasa nyaman dengan mobil pilihan Anda tersebut.

Ikuti semua tips memilih mobil keluarga jika Anda ingin mendapatkan mobil yang tepat. Sebaiknya pilih mobil dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan terburu-buru agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *