Menyoal Ritual Pembangunan IKN Bernuansa Klenik

Ritual Pembangunan IKN
Ritual Pembangunan IKN
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Marwan Batubara, PNKN

Hajinews.id – Hari Senin, 14 Maret 2022 Kemarin, Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri dan 34 gubernur dari seluruh Indonesia mengikuti upacara menandai mulai dibangunnya IKN Baru, di titik nol “Nusantara”, Paser Penajam, Kaltim. Acara dimulai dengan kegiatan bernuansa klenik, acara mistis yang tidak dapat dicerna akal namun dipercaya dan dilakukan oleh orang-orang terkemuka dari seluruh negeri. Orang-orang terkemuka ini bersama-sama mengisi sebuah wadah bernama Kendi Nusantara dengan tanah (2kg) dan air (1 liter), berasal dari 34 provinsi yang dibawa ke “Nusantara” oleh 34 gubernur dari daerah masing-masing.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pada acara ritual tersebut, Jokowi mengatakan proses penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi adalah wujud dimulainya proses pembangunan IKN Nusantara. “Pada hari ini Senin 14 Maret 2022, kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar, yang akan kita segera mulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi (14/3/2022).

Konon Kendi Nusantara akan ditempatkan di Titik Nol “Nusantara”. Bisa saja kelak akan dikramatkan. Proses penyatuan tanah dan air di “Nusantara” tampaknya ingin dipersepsikan dan diakui sebagai wujud kearifan lokal budaya masyarakat Indonesia, sambil berharap proyek IKN dan bahkan dominasi kekuasaan akan berkelanjutan dan langgeng. Dengan ritual tersebut, personal yang paling berperan dalam ritual, ingin meyakinkan rakyat bahwa “Nusantara” akan terus jaya dan langgeng.

Pada sisi lain, sejumlah pakar mengatakan ritual bernuansa mistik tersebut dalam terminologi sosiologi budaya dan sosiologi politik bisa dikatagorikan sebagai politik klenik. Suatu praktik politik mengimplementasikan kemauan penguasa (IKN) berdasar imajinasi irasionalitas yang meyakini adanya semacam mistisisme tertentu. Namun, jika bicara kearifan lokal atau kejayaan masa lalu, ternyata pada kerajaan Majapahit atau Sriwijaya, tidak ditemukan pula riwayat pencampuran tanah dan air dalam membangun kota-kotanya.

Dari ritual Kendi Nusantara bernuansa klenik, kita menemukan hal yang sangat kontradiktif. IKN diklaim memiliki slogan smart, metropolis, dan modern, serta ke depan diproyeksikan akan menjadi katalis peningkatan peradaban manusia dan representasi kemajuan bangsa Indonesia. Namun, meskipun slogan dan proyeksi peradaban begitu canggih, ternyata praktik ritual pembangunan IKN sarat nuansa kelenik, irrasional, mengada-ada, tidak substantif, dan justru memundurkan pradaban dan politik bangsa ke masa lalu. “Mengkramatkan” kendi berisi tanah dari dan air yang berasal dari 34 provinsi menjadi satu hal yang irrasional dan anomali dalam peradaban politik modern.

Ritual mencampur tanah dan air ke dalam Kendi Nusantara bisa dijustifikasi oleh penguasa dengan ribuan alasan. Namun jika bicara akal sehat, apalagi merujuk pada ajaran tauhid, maka ritual mistik tersebut dapat dinilai bernuansa syirik. Terserah bahwa acara tersebut ditutup dengan doa menurut agama Islam. Namun jika sudah mencampur aduk ritual keagamaan Islam yang suci dengan kegiatan berbau klenik, sebagai manusia yang beriman kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, kita perlu bersikap dan menolak dengan jelas. Syirik adalah perbuatan dosa tak terampuni (Qur’an Surat An-Nisa 48 & 116).

Sebagian ulama membagi makna syirik menjadi makna umum dan makna khusus. Bermakna umum, jika menyekutukan Allah di dalam peribadahan hamba kepada-Nya, menyekutukan-Nya di dalam perbuatan-Nya, dan menyekutukan Allah dalam nama-Nya, dan sifat-Nya. Jika disebutkan secara mutlak, syirik berarti memalingkan suatu ibadah kepada selain Allah. Dan inilah makna syirik secara khusus.

Syirik mutlak bermakna menyekutukan Allah di dalam ibadah atau menyelewengkan ibadah kepada selain Allah. Belakangan ini sebagian manusia tidak sadar telah menduakan Allah dalam menghambakan diri kepada-Nya, termasuk dalam sumpah, doa, istighosah, cinta, takut, dan harap. Hal ini termasuk ketika seseorang menyembelih kurban untuk jin semisal sesajen, berdoa meminta pertolongan kepada orang mati, atau penyelewangan ibadah lainnya kepada selain Allah. Sebagian orang dapat pula terjerumus dengan menjadikan tandingan bagi Allah dalam perbuatan yang merupakan kekhususan bagi-Nya, maka itu termasuk syirik besar yang dapat menyebabkan seorang keluar dari koridor ajaran Islam.

Kontroversi ritual bernuansa klenik peresmian rencana pembangunan IKN telah muncul ke publik. Justifikasi dan alasan ritual irrasional tersebut pun telah dinyatakan secara resmi oleh pemerintah. Sebagai manusia Indonesia yang ingin menjaga dan memurnikan tauhid sesuai sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, kita perlu menyampaikan sikap, sekaligus mengingatkan pihak-pihak yang relevan untuk menjauhi prilaku syirik. Apalagi jika sampai berdampak pada pendangkalan aqidah ratusan juta rakyat. Silakan masing-masing kita bersikap, minimal dengan tulisan ini tanggungjawab moral untuk menolak sudah kami tunaikan.[]

Jakarta, 15 Maret 2022.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *