Muslimat NU Adakan Lomba Kreasi Sambal

FOTO BERSAMA: Ketua Tim Penggerakan PKK Kabupaten Banyumas Hj Erna Husein foto bersama dengan Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Dra Hj Laely Shofiah Manshur dan peserta lomba di aula KBIH Al-Wardah Muslimat, Purwokerto belum lama ini.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



BANYUMAS, Hajinews.id – Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Banyumas mengadakan berbagai lomba dalam rangka menyemarakkan Hari Lahir (Harlah) Ke-76 Muslimat Nahdlatul Ulama.

Panitia Bidang Publikasi Dokumentasi I’anatul Khoiriyah SPdI menjelaskan, berbagai lomba itu antara lain kreasi sambal, lomba administrasi, lomba jurnalistik di gedung Muslimat NU Kauman Lama Purwokerto. Lomba imla atau dikte tulisan Arab berlangsung di aula Joglo Hj Umi Kauman Lama Purwokerto. Sedang lomba busana dan taplak meja diadakan di aula KBIH Al Wardah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yang menarik, lomba yang dihadiri Ketua Tim Penggerakan PKK Kabupaten Banyumas Hj Erna Husein menampilkan berbagai macam jenis sambal yang menjadi kuliner favorit di berbagai daerah. Aneka sambal itu antara lain Sambel Cemongkak, Sambel Terasi, Sambel Ijo, Sambel Tomat, Sambel Kecombrang, Sambel Kluwek, Sambel Belut, Sambel Jozz, Sambel Pete, Sambel Tongkol dan lain-lain.

Menurut Anah yang juga pengasuh Pondok Pesantren Yayasan Daarul Istiqomah (Yadri) Kedungbanteng, Banyumas, puncak Harlah Muslimat NU akan dilaksanakan 29 Mei 2022 dengan tahlil massal se-Kabupaten Banyumas.

‘’Muslimat NU juga mengadakan Safari KB pada Januari hingga Maret 2022 yang diikuti ratusan akseptor se-Kabupaten Banyumas,’’ kata penanggung jawab bidang kesehatan Hj Supriyatin AM.Keb

Jadi Modal

Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Banyumas, Dra Hj Laely Shofiah Manshur merasa gembira melihat semangat dan antusias peserta lomba. Semangat peserta itu menurut Laely menjadi modal untuk Muslimat NU mengkader dan berkarya untuk masyarakat.

menurutnya, dalam kaderisasi perlu pengembangan. Saat ini Muslimat mengelola yayasan pendidikan, haji, kesejahteraan masyarakat, koperasi, dan lainnya.

 “Muslimat saat ini mengelola YPM 232, TPQ 53, PAUD 64, dan 1527 majelis taklim dan lainnya. Sementara koperasi An Nisa telah mengelola distribusi garam dan sabun cuci ke masyarakat untuk pendapatan organisasi,” tegasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas H Erna Husein ketika membuka lomba mengatakan, memasuki usia Ke-76 tahun, Muslimat NU semakin memberikan peran nyata kepada masyarakat. Muslimat telah berkontribusi dalam pemberdayaan terutama pada kaum ibu.

Erna menyampaikan, Muslimat sebagai organisasi wanita telah memiliki program di bidang pendidikan, kesehatan, pengelolaan haji, kesejahteraan masyarakat, koperasi, dan sebagainya. Kiprah ini menjadi bukti nyata bahwa Muslimat telah berkontribusi bagi masyarakat khususnya perempuan atau kaum ibu.

“Selamat memperingati hari lahir kepada keluarga besar Muslimat NU yang ke 76. Teruslah berkarya memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk lebih mandiri dan sejahtera,” katanya.

Menurutnya, program Muslimat sejalan dengan pemerintah, yaitu bidang kesehatan pada penanganan stunting. Muslimat telah ikut serta mendukung dan mensosialisasikan pencegahan stunting kepada masyarakat.

Selain itu, lanjut Erna ajang perlombaan yang digelar tidak hanya sekedar lomba, namun dapat ditindaklanjuti menjadi produk kreatif. Lomba Kreasi Sambel misalnya dapat dikembangkan menjadi sambal kemasan yang layak jual. (agus)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *