Demo Jakarta Disorot Dunia, Ini Tuntutan Mahasiswa ke Jokowi

Massa mahasiswa sejumlah aliansi mulai mendatangi kawasan sekitar Gedung DPR untuk berunjuk rasa di Jakarta, Senin (11/4/2022). Diketahui, ada empat tuntutan yang disuarakan dalam aksi mahasiswa, salah satunya menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Media seluruh dunia menyorot demo Jakarta, Senin (11/4/2022). Kantor berita dari Arab Saudi hingga Kanada meliput aksi mahasiswa yang menuntut Presiden Jokowi agar tidak melanggar konstitusi dengan jabatan lebih dari dua periode.

Arab News menulis artikel dengan judul “Indonesia students rally against mooted move to extend president’s term” dan menyorot wacana Jokowi tiga periode yang berasal dari sejumlah politikus.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Mahasiswa-mahasiswa secara tradisi berada di garis depan dalam usaha melindungi pencapaian-pencapaian demokratis Indonesia, setelah turun ke jalan pada 1998 selama protes besar yang membantu melengserkan Presiden Suharto yang seorang strongman,” tulis artikel tersebut.

Lebih lanjut, Arab News menyorot sikap Jokowi yang ambigu dalam masalah ekstensi jabatan. Pasalnya, Jokowi dinilai tidak pernah secara eksplisit menolak untuk tetap berkuasa lebih lama.

Media Kanada, Toronto Star, juga menyorot demo mahasiswa yang ingin menolak wacana penundaan pemilu 2024. Media Malaysia, Free Malaysia Today, juga turut memberitakan demo 11 April.

Pendukung Wacana Penundaan Pemilu

The Diplomat dari Australia menulis penolakan Presiden Jokowi pada rapat kabinet. Jokowi memang baru-baru ini meminta jajarannya untuk tidak membahas “rumor” ini lagi.

Namun, The Diplomat menyorot bahwa “rumor” itu justru turut didukung oleh kabinet, seperti Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, serta beberapa partai seperti Golkar, PKB, dan PAN.

“Mungkin booster yang paling utama diberikan oleh Menko serba bisa Luhut Pandjaitan yang berbicara dalam rekaman bahwa mayoritas warga Indonesia mendukung ide tersebut,” tulis The Diplomat.

Sebelumnya, Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengaku punya “big data” yang menunjukkan bahwa mayoritas orang RI setuju penundaan pemilu 2024. Namun, data itu belum diungkap Luhut ke publik.

4 Tuntutan Mahasiswa

Diketahui, ada empat tuntutan yang akan disuarakan dalam demo mahasiswa 11 April. Pertama, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

Ketiga, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

Terakhir, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *