Inilah Potret Kemegahan Masjid At Thohir di Depok Yang Penuh Filosofi Keluarga

Kemegahan Masjid At Thohir
Kemegahan Masjid At Thohir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Andre Taulany mengunjungi Masjid At Thohir milik keluarga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Tapos, Depok.

Masjid yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Maret 2022 ini merupakan masjid kedua yang dibangun keluarga Thohir. Masjid pertama dibangun di Los Angeles, AS.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Masjid At Thohir ini dibangun dengan warna putih dominan sehingga cukup mencolok diantara deretan gedung di sebelahnya. Di depan masjid terdapat air mancur kecil di depannya dengan latar belakang tulisan Masjid At Thohir.

“Memang pemilihannya putih karena Thohir artinya Suci,” kata Erick dalam video SIDAK PAK ERICK THOHIR.. MENTERI PALING ASIK DAN KOCAK.. yang diunggah Kamis (21/4/2022).

Erick mengatakan, almarhum ayahnya meninggal pada 2016 lalu. Lalu ada cita-cita keluarga untuk membangun masjid. Dan dibangunlah dua masjid At Thohir.

Untuk kubah masjid, dibangun atas filosofi keluarga. “Ada 1 kubah besar yang bermakna bapak, lalu ada 3 kubah yang menandakan tiga anaknya. dan kubah-kubah kecil yang berjumlah sama dengan cucunya. Sedangkan ibu, pada badan masjidnya.”

Fasilitas di Masjid At Thohir

Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Erick Tohir berharap pembangunan masjid ini akan menjadi destinasi wisata religi. Sejumlah fasilitas pun dipersiapkan di kawasan Masjid At Thohir ini.

Di kawasan depan masjid misalnya, ada Amphitheatre yang bisa digunakan untuk penampilan musik atau sholawatan atau sekadar duduk-duduk. Sementara di sekitarnya akan ada beberapa UMKM serta akan ada video mapping di malam hari.

Selain didukung akses parkir luas, akses untuk penyandang disabilitas juga ada. Begitupun dengan area sholat tambahan serta aula untuk menikah.

Arsitektur Masjid At Thohir

Erick Thohir sendiri mengatakan, masjid At Thohir di Depok ini terinspirasi dari masjid di Abu Dhabi-Uni Emirat Arab yang memiliki banyak kubah.

Sementara interiornya di bagian depan dekat mimbar, banyak dihiasi dengan 99 Asmaul Husna.

Pusat dakwah modern

Mengutip siaran pers Sekretariat Presiden, Masjid At Thohir dibangung selain sebagai tempat ibadah umat islam, kehadiran masjid ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman.

“Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik,” ujar Jokowi saat melakukan peresmian.

Jokowi juga berpesan agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi, memperkuat moderasi beragama, sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa, serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Dijelaskan Jokowi, keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam. Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Presiden, juga mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

Kehadiran Masjid At Thohir ini melengkapi Podomoro Golf View sebagai kawasan dengan konsep one stop living hunian terpadu dengan bangunan superblok di mana penghuninya dapat melakukan semua aktivitas di kawasan yang sama.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *