KH Syukron Ma’mun: NU dan yang Dijuluki ‘Wahhabi’ Harus Bekerjasama, Jangan Bermusuhan, karena Musuh Kita adalah Syi’ah, Ahmadiyyaah, dan Liberalis

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Viral pesan berantai yang membahas soal Wahhabi. Dalam pesan tersebut membeberkan bahwa KH Syukron Ma’mun, ulama senior NU, menyatakan musuh bersama umat muslim adalah Syi’ah, Ahmadiyyaah, dan Liberalis. Bukan mereka yang dijuluki sebagai ‘Wahhabi’ (yang sebenarnya adalah Ahlus Sunnah wal Jama’ah).

Berikut Hajinews kutip bunyi pesan yang sempat viral tersebut;

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

KH Syukron Ma’mun, ulama senior NU, menyatakan bahwa musuh kita bersama adalah Syi’ah, Ahmadiyyaah, dan Liberalis. Bukan mereka yang dijuluki sebagai ‘Wahhabi’ (yang sebenarnya adalah Ahlus Sunnah wal Jama’ah) itu.

Beliau – hafidzahulloh – bahkan meminta agar para ulama NU mau membaca kitab tulisan Syaikh Abu Bakr al Jazairy (ulama pengajar di masjid An Nabawi, Madinah) dan bahwa ada perbincangan (kesepakatan, kerukunan) antara beliau dengan Syaikh Bin Baaz, rahiimahulloh, tokoh ulama senior Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Arab Saudi.

Juga agar kaum yang dijuluki Wahhabi itu, dengan kaum/warga Nahdlatul Ulama Indonesia, dapat bekerjasama erat. Sekali lagi, karena musuh bersama Muslimiin adalah Syi’ah, Ahmadiyyaah, dan Liberalis.

Video selengkapnya:

Tambahan penting:
*SOAL SEBUTAN ‘WAHABI’: WASPADAI FITNAH-STIGMA NEGATIF DARI KAUM MUSUH ISLAAM TERHADAP MUSLIMIIN AHLUS SUNNAH YANG ‘DIWAHABIKAN’*

1️ DARI ULAMA NADHLATUL ULAMA DAN KETUA IKATAN PERSAUDARAAN IMAM MASJID SELURUH INDONESIA:

VIDEO PROF. DR. KH A. ZAHRO ULAMA SENIOR NU (NAHDLATUL ULAMA, 1926): WAHABI ITU AHLUS SUNNAH DAN TIDAK SESAT:

2️DARI ULAMA SENIOR NU (1926) DAN EKS KETUA GP ANSOR NU (BANSER) SERTA PROFESOR UNESA JUGA  MEDIA MUHAMMADIYAH (1912) MEMBELA ‘WAHHABI’:

Umat Islam Ditakut-takuti dengan HTI, Wahabi, dan Radikalisme

PWMU.CO – Umat Islam saat ini sedang ditakut-takuti dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan Wahabi.

Di samping itu sedang dipasung dengan istilah radikalisme.

Pada sisi lain, umat Islam hendak dibutakan dari ancaman yang sesungguhnya yaitu komunisme.

Demikian benang merah pemikiran akal sehat yang bisa dipintal dari paparan Prof Dr Achmad Zahro, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Prof Dr Aminuddin Kasdi, Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Drs Choirul Anam, mantan Ketua GP Ansor Jatim.

Mereka berbicara pada acara bedah buku “NU Jadi Tumbal Politik Kekuasaan Siapa Bertanggung Jawab?” di Gedung Astranawa, Selasa (26/2/19).

Buku ini ditulis Choirul Anam yang juga dikenal sebagai tokoh NU kultural.

Menurut Achmad Zahro, umat Islam digiring untuk membenci faham Wahabi.

Sampai ada yang mengatakan bahwa Wahabi itu iblis. “Kalau Wahabi itu iblis, berarti orang-orang yang shalat jamaah di Masjid Haram Mekah itu makmum kepada iblis,” katanya.

Karena, Imam di Masjid Haram itu mengikuti Wahabi yang bermazhab Hambali. Sedang Hambali itu sendiri termasuk Sunni (ahlus sunnah wal jamaah). Hambali termasuk mazhab yang juga diakui oleh Nahdlatul Ulama (NU) di samping Syafi’i, Maliki, dan Hanafi.

Umat Islam sengaja dikaburkan antara Wahabi yang didirikan Muhammad bin Abdul Wahab dengan aliran yang didirikan Abdul Wahab bin Abdurrahman Al Khoriji, pendiri mazhab Khawarij.

“Yang sesat itu Khawaraij karena suka mengkafirkan Muslim yang lain,” tegas Zahro yang juga dikenal dengan Ketua Ikatan Imam Masjid Indonesia.

Lebih lanjur Zahro mengatakan, HTI digambarkan sebagai kekuatan dahsyat yang hendak mengganti Pancasila dengan sistem khilafah.

Padahal khilafah versi HTI itu hanya gagasan. HTI itu sangat kecil dan tidak memiliki negara induk.

Beda misalnya dengan Syiah yang memiliki negara induk yaitu Iran.

Penyebaran isu HTI dan Wahabi secara massif ini, kata Choirul Anam, untuk membutakan umat Islam dari ancaman yang sesungguhnya yaitu neo komunisme.

Padahal sudah terang benderang neo komunisme sudah di depan mata.

Sejarah mencatat kumunisme selalu mencoba bangkit dari kekalahan dan membalas dendam. Kekalahan di pemberontakan Madiun 1948, lantas bangkit melakukan perlawanan tahun 1965.

Apalagi komunisme memiliki negara induk yaitu Tiongkok atau Republik Rakyat China (RRC).

Aminuddin Kasdi melihat, sejak reformasi terlihat tanda-tanda PKI mau bangkit.

Dimulai dengan usaha mengubah sejarah bahwa dalam peristiwa G30S PKI tahun 1965, PKI adalah korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Mereka dikorbankan dalam pertikaian internal TNI AD. Mereka korban kekejaman umat Islam.

Lantas upaya mereka dilakukan dengan mengubah buku pelajaran sejarah di sekolah.

Penerus PKI mulai berani unjuk diri dengan menyatakan bangga sebagai anak PKI. Mereka melakukan pertemuan-pertemuan konsolidasi. Lantas mereka berjuang agar agar ada rekonsiliasi umat Islam dengan PKI.

Berarti umat Islam harus mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada PKI. Gilirannya PKI harus boleh hidup kembali.

Mereka terus bergerak sampai sekarang. Panglima TNI waktu itu Gatot Nurmantyo mengetahui tentang ancaman neo PKI maka dia perintahkan menonton film Pengkhinatan G30S PKI agar generasi muda tetap waspada tetap bahaya PKI.

Zahro dan Anam juga mengedepankan, saat ini umat Islam dipenjara dan ditakuti dengan istilah radikalisme.

Jika ada umat Islam yang bersikap asyyida’u alal kuffar (bersikap keras terhadap orang kafir) dianggap radikal dan tidak toleran.

Mereka seolah satu aliran dengan ISIS, Al Qaeda. Padahal ISIS, Al Qaeda, HTI itu semuanya proyek untuk memecah belah umat Islam.

“Umat Islam harus waspada sedang hendak dipecah belah, diadu domba. Termasuk NU sekarang sedang dipecah belah. NU dijadikan tumbal oleh politik kekuasaan,” tegas Cak Anam.

3️. DARI ORGANISASI ISLAM TUA NKRI BERNAMA PERSATUAN ISLAM/PERSIS (1923) MEMBELA ‘WAHABI’:

Ustadz DR. Tiar Anwar Bachtiar dari PERSIS di tulisan beliau yang berjudul “WAHABI: Antara Stigmatisasi dan Adu Domba Umat Islam”, menulis antara lain:

Iran dan Syi’ah pada umumnya cukup cerdik memainkan media. Mereka masuk ke dalam konflik modern di kalangan umat Islam sendiri.

Konflik yang mereka pilih adalah antara pendukung gerakan Muhammad ‘ibn ‘Abdul Wahhab (baca: ‘Wahhabi’ – Red) dengan penentangnya.

Umumnya penentang gerakan Wahhabi ini adalah kalangan tradisionalis bermazhab Syafi’i yang memiliki pengikut paling banyak di berbagai belahan dunia (di RI biasanya di Nahdlatul Ulama/NU bercampur dengan kaum Sufi-Mistik dan Habaib juga Kejawen serta Syi’ah penyusup yang juga di NU – Red.). Sementara gerakan ‘Wahhabi’ bukan mainstream.

Syi’ah masuk ke dalam konflik yang sudah cukup lama ini dengan mengambil posisi berlawanan dengan ‘Wahhabi’.

Posisi ini kelihatannya tidak diambil karena kalangan tradisionalis tidak menolak Syi’ah, tetapi lebih pada strategi diplomasi dengan kelompok yang lebih besar.

Kalangan tradisionalis (Islam Jawa – Red.), sekalipun berkonflik dengan ‘Wahhabi’, tetapi sebagai Sunni tetap menolak secara mendasar ajaran-ajaran Syi’ah.

Akan tetapi di beberapa tempat, kalangan tradisionalis ini lebih mudah untuk disusupi, walaupun sebenarnya tegas menolak Syi’ah sehingga Syi’ah lebih leluasa untuk masuk kepada kelompok ini.

Oleh sebab itu, sebagai aksi nyatanya di dalam berbagai media cetak, elektronik, maupun dunia maya Syi’ah secara atraktif menyebut musuh mereka adalah ‘Wahabi’, ‘Salafy’, atau ‘Takfiri’.

Ketiga istilah itu kira-kira ditujukan untuk objek yang sama.

Di kesempatan lain beliau berkata:

“Penyebutan istilah ‘Wahhabi’ sebenarnya kuranglah tepat. Seharusnya kalau dinisbahkan kepada Syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab, maka semestinya bernama: Muhammadiyah,” ujar Dr. Tiar dalam acara perdana Ngobrol Bareng Sejarah Indonesia (NGOBRAS) di aula AQL Islamic Center, Tebet Jakarta Selatan, pada Sabtu, 19 September 2015.

Ketua Persatuan Pemuda PERSIS ini menjelaskan, mengenai nama ‘Wahhabi’ ini sengaja dipilih oleh para pembencinya.

Tujuannya agar dikesankan negatif seperti gerakan Wahhabiyyaah abad keempat di Maroko, yang dinahkodai seorang Khowarij bernama ‘Abdul Wahhab bin Rustum.

“Maka dari itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan istilah,” ujar Tiar.

Menanggapi isu panasnya masalah konflik antara ‘Wahhabi’ dan As’yariyyah (yang biasanya bersama Maturidiyyaah, di NU), Dr. Tiar melanjutkan, setidaknya ada dua hal mendasar yang menyebabkan isu ini memanas kembali.

Pertama, isu ini dipolitisasi sedemikian rupa oleh pihak berkepentingan untuk memecah-belah umat.
Kedua, buntunya komunikasi umat.

Akibatnya, terjadi kesenjangan luar biasa di antara umat Islam. Apalagi, jika masalah khilafiyah furu`iyyaah (perbedaan pada masalah agama yang cabang bukan pokok. – Red.) dibesar-besarkan, maka akan menjadi semakin runyam.

Di akhir pembicaraan ia meminta agar umat islam bisa menjaga persatuan dan tidak terpengaruh dengan istilah-istilah provokatif.

Kedua, pentingnya menjalin komunikasi yang baik antar umat Islam.

4️DARI KAUM ULAMA INDIA TENTANG ‘WAHHABI’

Syaikh Mas’ud An-Nadawy dari India berkata:

“Sesungguhnya adalah kebohongan yang amat nyata yang dituduhkan terhadap dakwah Islam dari Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab, penamaannya dengan ‘Wahhabi’, tetapi bahkan orang-orang yang rakus berusaha mempolitisir nama tersebut (menjadi) sebagai agama di luar Islam.

Lalu Inggris dan Turki (*) serta Mesir (+) bersatu untuk menjadikannya sebagai lambang yang menakutkan, yang mana setiap muncul kebangkitan Islam di berbagai negeri, lalu orang-orang Eropa melihat akan membahayakan mereka, mereka lalu menghubungkannya dengan ‘Wahhabi’, sekalipun keduanya saling bertentangan.”

(Muhammad bin Abdul ‘Wahhab Mushlih Mazhluum, hal: 165)

(*) Turki di masa Sekuler di bawah rezim Kemal Ataturk.

(+) Mesir saat dijajah Inggris.

5️. DARI KAUM ULAMA ‘IRAQ TENTANG ‘WAHHABI’

Syaikh Muhammad Syukri Al ‘Alusy berkata, setelah beliau menyebutkan berbagai tuduhan bohong yang disebarkan oleh musuh-musuh terhadap dakwah Tauhid dan pengikutnya:

“Seluruh tuduhan tersebut adalah kebohongan, fitnah dan dusta semata dari musuh-musuh mereka, dari golongan pelaku bid’ah dan kesesatan, bahkan kenyataannya seluruh perkataan dan perbuatan serta buku-buku mereka menyanggah tuduhan itu semua.”

(al Alusy, Tarikh Nejd, hal: 40). Beliau adalah ulama besar Iraq.

6️. DARI MALIK ‘ABDUL AZIZ (RAJA ARAB SAUDI) TENTANG ‘WAHHABI’

Begitu pula Raja ‘Abdul ‘Aziz dalam sebuah pidato yang beliau sampaikan di kota Makkah di hadapan jamaah haji tgl 11 Mei 1929 M dengan judul “Inilah Aqidah Kami”:

“Mereka menamakan kami sebagai orang-orang ‘Wahabi’, mereka menamakan madzhab kami ‘Wahhabi’, dengan anggapan sebagai madzhab khusus.

Ini adalah kesalahan yang amat keji, muncul dari isu-isu bohong yang disebarkan oleh orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu, dan kami bukanlah pengikut madzhab dan ‘aqidah baru.

Muhammad bin ‘Abdul Wahhab tidak membawa sesuatu yang baru, ‘aqidah kami adalah ‘aqidah kaum Salafush Sholih (kaum Pendahulu Yang Salih), yaitu yang terdapat dalam kitab Allah dan Sunnah Rosul-Nya, serta apa yang menjadi pegangan kaum Salafush Sholih.

Kami memuliakan Imam-imam Yang Empat, kami tidak membeda-bedakan antara Imam-imam Malik, Syafi’i, Ahmad, dan Abu Hanifah, seluruh mereka adalah orang-orang yang dihormati dalam pandangan kami, sekalipun kami dalam masalah (Madzhab) Fiqh berpegang dengan Madzhab (Fiqh) Hambaly.”

(al Wajiz fi Sirah Malik ‘Abdul ‘Aziz, hal: 216)

7️. DARI BUYA HAMKA KETUA UMUM MUI DAN ULAMA MUHAMMADIYAH SERTA TOKOH BANGSA MEMBELA ‘WAHHABI’

Syaikh/Buya Prof. DR. HAMKA (Haji ‘Abdul Malik bin (‘Abdul) Karim Amrullah), Ketua Umum pertama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari unsur Organisasi Islam Muhammadiyah, pejuang kemerdekaan RI dan pujangga nasional, menulis dalam buku berjudul “Dari Perbendaharaan Lama”:

Di Minangkabau timbullah gerakan yang dinamai “Kaum Muda.” Di Jawa datanglah K.H. Ahmad Dahlan dan Syekh Ahmad Soorkati (Syaikh Ahmad Surkati Al Anshori – Red). K.H. Ahmad Dahlan mendirikan “Muhammadiyah.”

Syekh Ahmad Soorkati dapat membangun semangat baru dalam kalangan orang-orang Arab. Ketika dia mulai datang, orang Arab belum pecah menjadi dua, yaitu Ar Rabithah ‘Alawiyyaah (kelompok yang mengklaim dirinya adalah keturunan ‘Alawiyyiin/Ali bin Abi Tholib RA – Red.), dan Al-‘Irsyad (kaum Masyaikh, Arab yang non-‘Alawiyyiin). Bahkan yang mendatangkan Syekh itu ke mari (tadinya) adalah dari kalangan yang kemudiannya membentuk Ar-Rabithah Alawiyyaah.

Musuhnya dalam kalangan Islam sendiri, pertama ialah Kerajaan Turki. Kedua Kerajaan Syarif (yang mengaku keturunan Nabi/Ahlul Bait – Red.) di Mekkah, ketiga Kerajaan Mesir. ‘Ulama-ulama pengambil muka mengarang buku-buku buat “mengafirkan” Wahabi.

Bahkan ada di kalangan ‘Ulama itu yang sampai hati mengarang buku mengatakan bahwa Muhammad bin ‘Abdul Wahhab pendiri faham ini adalah keturunan Musailamah Al Kahzab (Sang Pembohong di masa pemerintahan Khulafahur Rosyidiin para Shahabah Nabi, padahal sesungguhnya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab adalah keturunan dari Bani Tamim – Red.)!

Sekarang ‘Wahhabi’ dijadikan alat kembali oleh beberapa golongan tertentu untuk menekan semangat kesadaran Islam yang bukan surut ke belakang di Indonesia ini, melainkan kian maju dan tersiar.

Kaum komunis Indonesia telah mencoba menimbulkan sentiment Ummat Islam dengan membangkit-bangkit nama ‘Wahhabi’.

Dan mungkin juga propaganda ini masuk ke dalam hati orang, sehingga gambar-gambar “Figur Nasional,” sebagai Tuanku Imam Bonjol dan K.H. A. Dahlan diturunkan dari dinding (karena dituding, dimaki, sebagai ‘Wahhabi’ – red.).

Dan mungkin perkumpulan-perkumpulan yang memang nyata kemasukan faham ‘Wahabi’ seperti Muhammadiyah, Al-Irsyad, Persis dan lain-lain diminta supaya dibubarkan saja.

Kepada orang-orang yang membangkit-bangkit bahwa pemuka-pemuka Islam dari sumatera yang datang memperjuangkan Islam di Tanah Jawa ini adalah penganut atau keturunan kaum Wahabi, kepada mereka orang-orang dari Sumatera itu mengucapkan banyak-banyak terima kasih!

Sebab kepada mereka diberikan kehormatan yang begitu besar!

Sungguh pun demikian, faham ‘Wahhabi’ bukanlah faham yang dipaksakan oleh Muslimin, baik mereka ‘Wahhabi’ atau tidak. Dan masih banyak yang tidak menganut faham ini dalam kalangan Masyumi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia – red.).

Tetapi pokok perjuangan Islam, yaitu hanya takut semata-mata kepada Allah dan anti kepada segala macam penjajahan, termasuk Komunis, adalah anutan dari mereka bersama!”

8. DARI SUKARNO PROKLAMATOR KEMERDEKAAN DAN PRESIDEN INDONESIA YANG JUGA PERNAH BELAJAR KE KH AHMAD DAHLAN DAN HOS COKROAMINOTO SERTA TUAN GURU A. HASSAN DAN LAIN-LAIN ULAMA TENTANG ‘WAHHABI’

Surat-surat DR. Ir. Ahmad Sukarno (Presiden RI) kepada Syaikh (Tuan) Ahmad Hasan, Ulama dari Organisasi Islam PERSIS (Persatuan Islam):

Kepada Syaikh A. Hassan pimpinan Persis, Soekarno juga bercerita mengenai ibu mertuanya yang telah meninggal dunia, dan kritik oleh kaum Islam Tradisional dan ‘Alawiyyiin yang dialamatkan kepadanya, karena ia dan keluarga TIDAK mengadakan acara peringatan kematian dengan hitungan menurut warisan budaya Hindu Jawa di hari 1, 3, 7, 40, 100, 1000 atau yang kemudian populer di Nusantara – khususnya Jawa – sebagai ‘Tahlilan’ untuk mendiang ibu mertua beliau.

Dalam surat tertanggal 14 Desember 1935, Soekarno menulis:

“Kaum kolot di Endeh, di bawah ajaran beberapa orang Hadaramaut (Habaib, Sayyiid, Syarif dll. – Red.) , belum tenteram juga membicarakan halnya tidak bikin ‘selamatan tahlil’ buat saya punya ibu mertua yang baru wafat itu, mereka berkata bahwa saya tidak ada kasihan dan cinta pada ibu mertua itu.

Biarlah!

Mereka tak tahu-menahu, bahwa saya dan saya punya istri, sedikitnya lima kali satu hari, memohonkan ampunan bagi ibu mertua itu kepada Allah.

Moga-moga ibu mertua diampuni dosanya dan diterima iman Islamnya. Moga-moga Allah melimpahkan Rahmat-Nya dan Berkat-Nya … ”

Di surat lain kepada Syaikh Ahmad Hasan:

Endeh, 12 Juli 1936

Buat menganjal saya punya rumah tangga yang kini kesempitan, saya punya onderstand dikurangi, padahal tadinya sudah sesak sekali buat mempelajari segala saya punya keperluan, maka sekarang saya lagi asyik mengerjakan terjemahan sebuah buku Inggris yang mentarikhkan Ibnu Saud. Bukan main hebatnya ini biografi! 

Bagi saya buku ini bukan saja satu ikhtiar ekonomi, tetapi adalah pula satu pengakuan, satu confenssion. Ia menggambarkan Ibnu Saud dan Wahhabism begitu rupa, mengkobar-kobarkan elemen amal, perbuatan begitu rupa hingga banyak kaum ‘tafakur’ (Sufi – Red.) dan kaum pengeramat Husain c.s (kaum Syi’ah dan Habaib, Sayyid, Syarif – Red.) akan kehilangan akal nanti sama sekali. 

Dengan menjalin ini buku, adalah suatu confenssion bagi saya bahwa, walaupun tidak semua mufakat tentang system Saudisme yang juga masih banyak feudal itu, toch menghormati dan kagum kepada pribadinya itu yang “toring above all moslems of his time; an Immense man, tremendous, vital, dominant. A giant thrown up of the chaos and agrory of the desert, to rule, following the example of this great teacher, Mohammad”. 

Selagi menggoyangkan saya punya pena buat menterjemahkan biografi ini, jiwa saya ikut bergetar karena kagum kepada pribadi orang yang digambarkan. What a man! 

Mudah-mudahan saya mendapat taufik menjelaskan terjemahan ini dengan cara yang bagus dan tak kecewa. Dan mudah-mudahan nanti ini buku, dibaca oleh banyak orang Indonesia, agar bisa mendapat inspirasi daripadanya. 

Sebab, sesungguhnya buku ini penuh dengan inspirasi. Inspirasi bagi kita punya bangsa yang begitu muram dan kelam hati. 

Inspirasi bagi kaum muslimin yang belum mengerti betul-betul artinya perkataan “Sunah Nabi”, yang mengira, bahwa Sunah Nabi SAW itu hanya makan kurma di Bulan Puasa dan cela’ mata dan sorban saja!

Wassalam, Soekarno

 

MASIH PERCAYA KEBOHONGAN SYI’AH DAN MUSUH ISLAM BAHWA GOLONGAN WAHABI ITU ADA?

Sungguh menyedihkan, sebagian kaum Muslimiin Indonesia larut turut dalam kesalahan bahkan kebodohan, akibat tak belajar benar.

Mau saja dihasut dengan kesalahan sebut dari kaum Inggris jaman dulu, yang dimanfaatkan Syi’ah, Komunis, Mistikus, musuh-musuh Islaam untuk memecah belah sesama Ahlus Sunnah.

Namun sudah banyak pula yang sadar bahwa SYI’AH SEDANG MENCOBA MENDEKATI MASSA NU YANG BANYAK ITU, melalui rayuan seakan-akan banyak ritual ‘khas’ NU, adalah SAMA dengan ritual Syi’ah.

Ini ada benarnya, walaupun tidak sepenuhnya. Karena NU juga mengadopsi, membolehkan Sufi.

Sedangkan Sufi, membesar bersamaan dengan Syi’ah, utamanya di masa kekholifahan Abbasiyyaah!

Mereka ada saling mempengaruhi, satu sama lainnya.

Tetapi NU generasi pertama (1926), ADALAH BANYAK KESAMAANNYA dengan Muhammadiyah (1912), Al Irsyaad (1914), dan Persatuan Islam/Persis (1923). Tidak seperti mayoritas kaum Nahdliyyiin kini.

Bahkan fatwa dari KH Hasyim Asy’ary tegas MELARANG NAHDLIYYIIN MENDEKATI, MEMPELAJARI, DAN MENGIKUTI SYI’AH.

Satu hal yang ironis kini, karena KH Said ‘Aqil Siradj (SAS) Ketum PB NU, adalah dikenal sebagai pendukung Syi’ah dan Liberalisme kini!

Sudah lama dibahas – juga di media ini – mengenai betapa bodohnya dan tidak mungkinnya sebutan, dan ada golongan ‘Wahabi’.

Berdasarkan keterangan pakar Tata Bahasa, ‘ulama ‘Aqidah Ahlus Sunnah, dan Tarikh (Sejarah).

Termasuk dari Buya HAMKA Ketua Umum MUI pertama, dan Habib Ahmad bin Zen Alkaff, dan banyak ‘ulama serta pakar sedunia.

Itu adalah kesalahan sebut Inggris terhadap kaum Muslimiin, Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di jazirah Arabia Tengah (kini sebagian besarnya menjadi Arab Saudi), dan kesalahkaprahan ini lalu dimanfaatkan Syi’ah, Sufi, Liberalis, Komunis, dkk. untuk mengadu-domba Muslimiin, bahkan dengan berbagai tambahan kebohongan.

Dalam Tata Bahasa Arab, karenanya, TIDAK MUNGKIN disebut ‘Wahabi’ karena sebutan ini secara gegabah dan salah dinisbatkan kepada (Syaikh) MUHAMMAD bin ‘Abdul Wahhab At Tamimi (dari Bani Tamim, Quraisy).

Beliau guru agama Ahlus Sunnah wal Jama’ah, dengan mengikuti pemahaman (manhaj) kaum Salafush Sholih/kaum Pendahulu Yang Salih (*), mengajarkan semua sistem Madzhab Fiqh, namun lebih menyenangi Madzhab Hanbali (dan ini wajar dan diperbolehkan dalam Islaam).

Keterangan: (*) Mereka seluruh 124.000 nabi dan rosul beserta ummah/muridnya masing-masing.

Khususnya Rosuululloh Muhammad – shollollohu ‘alaihi wasallam – dan 3 generasi pertama murid beliau yang dijamin terbaik, yakni generasi Shahabah Nabi, generasi Tabi’iin, dan generasi Tabi’ut Tabi’iin.

Nama beliau sendiri adalah “Muhammad”, dan nama ayahnya, karenanya, adalah ‘Abdul Wahhab At Tamimi (artinya, dari keluarga Quraisy terhormat Bani Tamim).

Maka secara Tata Bahasa, pengikutnya disebut “Muhammadi” atau “Muhammadiyyah”.

Bukan “Wahhabi”.

Lebih lagi, dalam standar ‘Aqidah Islaamiyyah, TIDAK MUNGKIN mereka disebut ‘Wahabi’ atau ‘Wahhabi’, karena nama “Al Wahhab” adalah nama ALLAH.

Dan secara ‘aqidah, manusia tak dibenarkan memakai nama ALLAH: “Al Wahhab” (kecuali dengan didahului kata “Abdul” atau “hamba dari”).

Dan karenanya – walau artinya bagus – tidak wajar menyebut Muslimiin sebagai “Wahhabi” (Pengikut ALLAH Al Wahhab).

Dalam tinjauan Tarikh (Sejarah), TAK MUNGKIN pengikut Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab At Tamimi disebut ‘Wahabi’, karena yang disebut demikian pengikut ‘Abdul Wahhab bin Rustum, seorang Khowarij (ekstrimis) di Abad III-IV Hijriyyah.

Sementara Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab At Tamimi hidup di Abad XII-XIII Hijriyyah, dan seorang guru agama Ahlus Sunnah wal Jama’ah biasa.
Tapi ada usaha mengesankan keduanya adalah sama.

Utamanya untuk membangun propaganda kebencian terhadap Ahlus Sunnah, terhadap Madzhab Hambali, terhadap Arabia/Arab Saudi.

Biasanya dari agen-agen laten atau terbuka dari kalangan Syi’ah, Orientalis, Komunis, dll., dan yang terpengaruh oleh mereka, sadar/tidak

Dan ingatlah:
Di Nusantara/Indonesia, sejak dulu yang dimaki sebagai Wahabi atau Wahhabi dengan SEENAKNYA adalah:

🔹Imam Bonjol – semua Muslimiin Minangkabau (Sumatra Barat) yang pada dasarnya biasanya bergabung di “Muhammadiyah” (setelah organisasi Islam “Muhammadiyah” berdiri)
🔹Muhammadiyah, organisasi Islam yang TERTUA di Nusantara dan masih ada (berdiri di tahun 1912 dengan akta Notaris resmi di tahun 1914 di Yogyakarta), dan KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah.
🔹Al ‘Irsyaad Al Islamiyyah (1914 dan resmi di 1915 di Surabaya) dan kaum jama’ah keturunan Arab non ‘Alawiyyiin/Non Habaib.
🔹Persatuan Islam/Persis (1923 di Bandung)
🔹Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia/DDII (1967 di Jakarta)
🔹Hidayatullah (1973)
🔹Wahdah Islamiyah (1988
🔹HASMI (2005)
🔹PULDAPII (2017)

MASYUMI (Majelis Syuro Muslimin Indonesia, beranggotakan Muhammadiyah, Al Irsyad, Persis, Al Washliyah, Mathla’ul Anwar, dll.). Di masa Orde Lama. Masyumi adalah lawan koalisi/blok NASAKOM (Nasionalisme – Agama – Komunisme dari PNI, NU dan PKI, di bawah pimpinan presiden Sukarno, kader Muhammadiyah sebenarnya, yang saat itu memihak Nasakom).

  • Buya HAMKA, Ketua Umum MUI pertama, tokoh Muhammadiyah, serta Pujangga/Sastrawan nasional.
  • Syaikh DR. Muhammad Natsir, Perdana Menteri RI pertama, Pahlawan Nasional RI, dan pendiri DDII.
  • Syaikh Ahmad Hassan, tokoh Persis dan salah satu guru Bung Karno.
  • Bung Karno, aktivis Muhammadiyah, anggota Muhammadiyah sampai meninggalnya, dan Proklamator RI, Presiden I RI.
  • Bung Hatta, aktivis Muhammadiyah dan Proklamator RI, Wakil Presiden I RI.
  • Ustadz dan Panglima Besar Jenderal Sudirman, warga Muhammadiyah dan gerakan kepanduannya.
  • Syaikh Haji Agus Salim.
    Kaum muslimiin Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang berusaha meneladani kaum Salafush Sholih (yakni Rosululloh shollollohu ‘alaihi wasallam dan para Sahabat Nabi lalu para Tabi’iin dan lalu para Tabi’ut Tabi’iin) yang DIJAMIN ALLAH sebagai yang terbaik, sebagai Salafiyyuun.

 

Dll

Hanya karena mereka tak mau memperingati kematian dan makan-makan di hari hitungan Hindu (hari ke 1, 3, 7, 40, 100, 1000), tetap ziarah kubur namun tak mengkeramatkan kuburan dan beribadah di sana, tak selalu berqunut kecuali ada musibah, tak membaca basmalah dengan jahr saat Al Fatihah dan Surah2 lain, tak merayakan Maulid karena ini kebiasaan Syi’ah, tak Haul, tak berdzikr kencang-kencang juga berjama’ah apalagi memakai musik, tidak suka Mistik, tidak menyanyi Barzanji, biasanya berjanggut, biasanya bercelana cingkrang tak isbal, berhijab syar’i, Anti Syi’ah, Anti Komunis, Anti Penjajahan Kolonialisme, Anti Yahudi Zionis, Pro Palestina, Pro Syari’ah, dll.

Dimaki sebagai Wahabi?

Padahal mungkin saja mereka Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang lebih sejati, in syaa Allah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *