Talaqqi, Metode Belajar Alquran ala Rasulullah SAW dan para sahabat Nabi

Metode Talaqqi
Metode Talaqqi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idTalaqqi adalah metode belajar Alquran ala Rasulullah SAW dan para sahabat Nabi.

Seperti yang baru-baru ini ramai dibicarakan tentang Rafathar yang melakukan talaqqi bacaan surah Al-Fatihah dan juga surah-surah pendek lainnya di pesantren. Banyak yang ingin tahu Talaqqi adalah metode apa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artikel ini akan menjelaskan tentang Talaqqi adalah metode belajar Alquran ala Rasulullah SAW dan para sahabat Nabi di zaman dulu.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa metode Talaqqi adalah salah satu yang kerap kali digunakan dalam belajar mengajar Alquran.

Terutama bagi santri yang ingin menghafal Alquran di pondok pesantren. Umumnya Talaqqi digunakan untuk memudahkan para santri dan guru-guru dalam proses belajar mengajar.

Cara tersebut telah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat sejak zaman dahulu. Tak hanya sahabat dan Rasulullah SAW, Malaikat Jibril pun menggunakan metode Talaqqi saat menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Lantas, apa itu Talaqqi?

Pengertian Talaqqi

Talaqqi adalah sebuah proses membacakan ayat-ayat Al Quran sebelum mulai menghafalkannya di hadapan seorang guru yang hafal Quran dengan cara berhadap-hadapan sebelum memulai menghafal ayat-ayat tersebut.

Metode Talaqqi merupakan sebuah cara terbaik dalam menghafal Quran. Pasalnya metode inilah yang juga dilakukan Rasulullah SAW saat bersama Malaikat Jibril.

Kendati begitu, Talaqqi merupakan sebuah metode yang telah dilakukan turun temurun sejak diturunkannya Alquran dan pada umumnya dilakukan dalam menghafalkan ayat-ayat Alquran.

Tak hanya metode Talaqqi yang biasanya digunakan dalam menghafal Alquran. Namun cara tersebut merupakan metode terbaik yang digunakan santri dalam menyelesaikan hafalan Alquran.

Pasalnya dengan metode ini, santri penghafal Alquran akan dapat dengan mudah mengetahui mana ayat dari hafalannya yang salah lantaran guru langsung menegur jika terdengar bacaan yang keliru.

Kendati demikian, Talaqqi adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab dari kata “laqia” لَقِيَ artinya berjumpa atau bertemu.

Sedangkan, “talaqqi/talaqqo”التَّلَقِي /تَلَقَّى talaqqi artinya pertemuan, menemui/menjumpai yang juga memiliki makna saling bertemu.

Sementara itu, maksud Talaqqi adalah belajar secara langsung dengan cara berhadapan dengan guru yang mengajar.

Tak hanya itu, kata “talaqqi” تَلَقَّى – يَتَلَقِّي talaqqi juga dapat bermakna menerima, mengambil, atau mendapatkan.

Selain itu, Talaqqi juga tak jarang disebut musyafahah yang artinya dari mulut ke mulut.

Sehingga dalam metode ini, murid memperhatikan gerak bibir sang guru agar mendapatkan pelafalan dengan makhraj yang benar.

Jadi pada intinya metode Talaqqi adalah cara belajar seseorang secara langsung di hadapan seorang guru.

Perlu diketahui juga bahwa praktik Talaqqi merupakan sebuah cara belajar mengajar Al-Quran dari Rasulullah SAW kepada para sahabatnya.

Lalu dari sahabatnya diteruskan kepada anak-anaknya, hingga terus menerus berlanjut dari generasi ke generasi berikutnya sampai saat ini.

Demikianlah penjelasan Talaqqi adalah metode belajar Alquran ala Rasulullah SAW dan para sahabat Nabi. Semoga membantu.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *