Tinjau Jalur Arteri Pantura, Menhub Harap One Way Lancar dan Tak Macet

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau jalur arteri di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat, 6 Mei 2022. Jalur ini merupakan salah satu jalan arteri di Pantura yang perlu dilakukan antisipasi jika terjadi kepadatan pada arus balik.

Dia mengatakan kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan di jalur tol pada saat penerapan one way, yaitu kendaraan dari jalan arteri tidak boleh masuk jalan tol atau kendaraan yang di jalur tol akan dikeluarkan ke jalan arteri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kita tidak berharap itu terjadi. Mudah-mudahan rekayasa one way berjalan baik dan tidak terjadi suatu kepadatan,” kata Budi dalam keterangan tertulis Jumat, 6 Mei 2022.

Dia mengungkapkan, cara bertindak ini perlu disosialisasikan kepada pemerintah daerah di jalur-jalur arteri sepanjang Pantura seperti di Kerawang – Indramayu – Cirebon – Brebes – Tegal – Pekalongan – Batang, sampai Semarang.

“Sosialisasi dilakukan agar masyarakat paham dan mengerti bahwa ada suatu cara bertindak seperti ini jika terjadi kondisi force majeur,” tuturnya.

Lebih lanjut Budik Karya berharap koordinasi antara Korlantas, Polda, dan Polres berjalan dengan baik, sehingga kebijakan-kebijakan terbaru dapat segera diketahui oleh petugas di masing-masing daerah.

Adapun atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow dari Semarang ke Jakarta sejak pukul 14.00.

Adapun atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow dari Semarang ke Jakarta sejak pukul 14.00.

“Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah timur) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah timur Jalan Tol Trans Jawa dari Cikampek sampai Semarang,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis Jumat, 6 Mei 2022.

Berikut rincian rekayasa lalu lintas tersebut:

– One way dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

– Contraflow dua lajur dari Km 47 sampai Km 28+500 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, dimulai sejak pukul 14.00 WIB

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Cirebon dan Jawa Tengah, dapat melalui jalur alternatif yaitu keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Jalan Raya Klari – Kosambi – Cikampek – Simpang Jomin – Pantura.(dbs)

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *