Pilpres 2024, Kemenangan Prabowo Puan Tergantung Lawan

Foto istimewa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Prabowo-Puan) dinilai bisa melenggang mulus dan meraih kemenangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, kemenangan tersebut bisa tercapai jika lawan yang dihadapi tidak memiliki modal elektabilitas tinggi.

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyampaikan potensi kemenangan Prabowo-Puan melalui sejumlah simulasi. Pasangan tersebut bakal kalah jika menghadapi Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, Prabowo-Puan tak akan bertemu Ganjar-Sandi. Sebab, kedua pasangan calon (paslon) itu berasal dari partai yang sama, yaitu Gerindra dan PDI Perjuangan.

“Dalam realitasnya, kok rasa-rasanya, Prabowo-Puan agak sulit head to head dengan Ganjar sama Sandi. Karena kan partainya sama,” kata Adi, Senin, 9 Mei 2022.

Sedangkan, Anies dinilai sulit mengalahkan Prabowo-Puan. Kemenangan Anies tergantung pendamping Gubernur Jakarta itu saat maju nanti di pilpres.

Menurutnya, Anies memiliki kesempatan jika berpasangan dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Anies-AHY masih belum bisa mengalahkan Prabowo-Puan dalam simulasi tersebut.

“Kalau di-ranking gitu kan Ganjar-Sandi paling atas, Prabowo-Puan, baru Anies-AHY,” kata dia.

Apalagi, kata dia, elektabilitas Anies belum bisa mengalahkan Prabowo. Sehingga, potensi eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengalahkan Prabowo tergantung pada calon wakil presiden.

“Kondisinya elektabilitas Prabowo masih jauh di atas anies. Makanya cawapresnya sangat tergantung,” ujar dia.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *