Sikap Tegas PBB dan Gedung Putih pada Pembunuh Shireen Abu Akleh yang Dinggap Kebablasan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id —Presiden Palestina Mahmoud Abbas menggambarkan kematian Shireen Abu Akleh sebagai pembunuhan berdarah dingin yang terang-terangan oleh militer Israel.

Ia mengatakan puluhan pria bersenjata Palestina telah menghadapi pasukan yang menangkap seorang militan Hamas di Jenin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan Abbas membuat tuduhan tidak berdasar, sebelum Israel melakukan “penyelidikan menyeluruh.”

“Temuan awal kami dari penyelidikan sejauh ini tidak dapat menunjukkan tembakan apa yang diarahkan ke Shireen Abu Akleh dan saya tidak dapat mengecualikan opsi apa pun di bawah kekacauan operasional di lapangan,” kata Gantz kepada wartawan.

Gedung Putih mengutuk keras pembunuhan itu dan menyerukan penyelidikan atas kematian Abu Akleh.

Di Twitter, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kematiannya merupakan penghinaan terhadap kebebasan media di mana-mana.

“Israel memiliki sarana dan kemampuan untuk melakukan penyelidikan menyeluruh dan komprehensif,” kata Price dalam jumpa pers.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres terkejut oleh pembunuhan itu dan meminta “otoritas terkait untuk melakukan penyelidikan yang independen dan transparan” untuk memastikan bahwa mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban, kata wakil juru bicara PBB Farhan Haq dalam sebuah pernyataan. (dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *