Ini Hukum Berdoa saat Kita Melakukan Sujud Terakhir

berdoa di Sujud Terakhir
berdoa di Sujud Terakhir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Mengerjakan salat adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Sebagai rukun Islam kedua, umat muslim diwajibkan mendirikan salat di lima waktu salat yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan salat sunah yang mendatangkan banyak keutamaan jika dikerjakan.

Akan menjadi kesempurnaan jika meluangkan waktu dengan memanjatkan doa setelah salat . Sebaga ibadah yang wajib, membaca doa di saat salat diharapkan membuat keinginan kita terkabul. Salah satu tahapan dalam salat yang disarankan membaca doa karena jadi waktu mustajab adalah ketika sujud terakhir.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Doa setelah sujud terakhir adalah waktu yang terbaik. Secara harfiah posisi sujud menunjukkan kepasrahan dan kelemahan seorang hamba di hadapan Allah SWT. Sehingga kita bisa menyerahkan segala keputusan kepada Allah SWT semata.

Nah, berikut adalah penjelasan hukum serta bacaan doa setelah sujud terakhir yang perlu diketahui sebagaimana dirangkum melalui dalamislam.com dan merdeka.com.

Sebelum membahas tentang bacaan doa setelah sujud terakhir, Kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang hukum membaca doa saat sujud terakhir. Hukum berdoa saat sujud terakhir adalah sah atau boleh dilakukan. Namun, hal tersebut ada ketentuannya yang harus diketahui oleh setiap umat Islam. Ketentuan-ketentuan tersebut antaranya adalah sebagai berikut:

Berdasar Teladan Nabi Muhammad saw

Ketentuan yang pertama adalah dengan berdasar pada teladan Nabi Muhammad saw. Sebagaimanya terdapat dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Baro’ bin ‘Azib mengatakan:

Aku pernah salat bersama Nabi saw. Aku mendapati bahwa berdiri, rukuk, sujud, duduk beliau sebelum salam dan berpaling, semuanya hampir sama (lamanya).

Inilah yang benar. Namun ada tempat doa selain sujud, yakni setelah tasyahud. Saat Nabi Muhammad saw mengajarkan, beliau pun bersabda:

Kemudian setelah tasyahud, terserah padamu berdoa dengan doa apa saja.”

Maka berdoalah ketika itu sedikit atau lama setelah tasyahud akhir sebelum salam.

Melalui hadis di atas menunjukkan bahwa berdoa di saat sujud dengan tidak melewatkan bagian lainnya, yaitu salat dengan waktu yang sama di antara semua bagian salat seperti halnya rukuk dan duduk di antara dua sujud. Dengan begitu, maka tidak akan kehilangan doa di bagian yang istimewa.

Dikabulkan Allah SWT

Doa setelah sujud terakhir akan dikabulkan Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ras berikut:

“ Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 479].

Melalui hadis di atas menjelaskan bahwa umat Islam haruslah bersungguh-sungguh ketika menjalankan setiap gerakan salat. Tak terkecuali saat sedang sujud haruslah bersungguh-sungguh. Karena di waktu itulah, manusia berada paling dekat dengan Allah SWT. Jadi, jika kita bersungguh-sungguh, maka insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Bersumber dari Al-Quran

Ketentuan yang ketiga adalah doa yang dipanjatkan adalah dengan bersumber dari Al-Quran. Hal ini karena pedoman bagi kehidupan manusia adalah Al-Quran. Jadi, saat berdoa pun juga harus sesuai dengan Al-Quran, karena dijamin lebih mustajab dan bahkan adalah doa yang berasal dari orang-orang sholeh sebelumnya yang ada di dalam Al-Quran.

Setelah mengetahui hukum dan ketentuannya dalam membaca doa pada sujud terakhir, berikut adalah bacaan doa setelah sujud terakhir yang penting kita ketahui:

Doa setelah Sujud Terakhir agar Diwafatkan dalam Kondisi Husnul Khotimah

Saat melakukan sujud terakhir, maka berikut adalah bacaan doa setelah sujud terakhir agar diwafatkan dalam kondisi yang husnul khotimah:

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah.

Artinya: “ Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah.”

Doa setelah Sujud Terakhir agar Diberikan Kesempatan Tobat sebelum Wafat

Inilah doa setelah sujud terakhir yang bisa kita baca agar diberikan kesempatan untuk bertobat terlebih dahulu sebelum wafat:

٢. اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut.

Artinya: “ Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat.”

Doa setelah Sujud Terakhir agar Hati Ditetapkan di Atas Agama-Nya

Berikut adalah bacaan doa setelah sujud terakhir agar hati ditetapkan di atas agama-Nya yang bisa kita amalkan:

٣. اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi‘ala diinika.

Artinya: “ Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.”

Itulah pejelasan tentang hukum dan ketentuan ketika berdoa saat melakukan sujud terakhir beserta beberapa bacaan doa setelah sujud terakhir yang bisa kita amalkan. Harapannya, melalui doa yang dipanjatkan ini bisa memberikan kebaikan bagi kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *