Jemaah Haji Indonesia Harus Waspada! Diminta Tak Dekati Hewan Unta Demi Cegah Wabah Virus Berbahaya

Diminta Tak Dekati Hewan Unta
hewan unta
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Sylvana mengimbau seluruh jemaah haji asal Indonesia tidak mendekati hewan Unta di Arab Saudi. Himbauan itu dikeluarkan Budi untuk mencegah Virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV).

“Kita minta jemaah jangan dekat-dekat sama Unta dulu lah. Fokus saja pada ibadah jemaah haji dulu,” kata Budi pada Selasa (7/6).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Kemenkes, hewan Unta memang cenderung menjadi reservoir utama untuk Virus MERS yang diyakini dapat menginfeksi manusia melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan unta yang terinfeksi di Timur Tengah.

Budi menegaskan penyebaran Virus MERS masih ada sampai saat ini sehingga patut dikhawatirkan. Terlebih, virus MERS memang berasal dari negara-negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi.

Karena itu dirinya berharap jemaah haji tetap mengutamakan antisipasi dan kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.

“Yang jelas kita kehati-hatian masih harus diperhatikan. Karena MERS CoV itu dari sana, dari Saudi, dari Unta khususnya,” ujar Budi.

Selain Unta, Budi juga meminta jemaah haji Indonesia tidak merokok selama pelaksanaan Haji. Menurut Budi, merokok dapat berdampak negatif bagi kesehatan baik pada diri jemaah itu sendiri maupun jemaah lain.

“Dikhawatirkan asapnya juga mencetuskan berbagai penyakit bagi jemaah. Itu untuk merokok ya, karena tak baik merokok itu,” kata Budi.

Adapun Kementerian Agama pada Selasa (7/6) mencatat 7,991 jemaah haji sudah diberangkatkan.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *