Mimpi Muhammad Qosim, Pakistan Tidak Boleh Dibuat Pegangan Dalil Aqidah & Syariat

Mimpi Muhammad Qosim
KH Luthfi Bashori
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.id – Menurut para ulama Aswaja, bahwa mimpi seseorang (selain Nabi) itu tidak dapat dipergunakan sebagai dalil syariat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Termasuk mimpi-mimpi Muhammad Qosim, Pakistan itu, bukanlah dalil yang dapat menjustifikasi kebenaran ceritanya, apalagi jika dijadikan dalil bahwa Qosim Pakistan ini diyakini sebagai Imam Mahdi.

Berikut pernyataan para ulama Salaf Aswaja:

الكشف والرؤيا المنامية ليست مما يجوز الاحتجاج به شرعاً
وكم أضلت هاتان القضيتان من أناس.

1- الكشف: قال الجرجاني في “التعريفات” (1178) : (الكشف في اللفظ : رفع الحجاب ، وفي الاصطلاح: هو الإطلاع على ما وراء الحجاب من المعاني الغيبية والأمور الحقيقية وجوداً وشهوداً) .
فلا يجوز أن يجعل ما يدَّعيه الإنسان أو ما ينقله عن بعض أهل الكشف دليلاً شرعياً يحتج به في العقائد أو غيرها من الأحكام . وذكر الشعراني في “الطبقات الكبرى” (1/232) : ( أن هناك أصحاب كشف ناقص ) وقال الشيخ عليش المالكي في “فتح العلي المالك” (1/45) : [أَهْلُ الْكَشْفِ الصَّحِيحِ مِنْ عِلْمِ الْحَقِيقَةِ ] ، فتبين أن هناك كشفاً ناقصاً وغير صحيح، فكيف يتميزان وكيف يحكم بذلك مع وجود الاحتمالات وعدم العصمة .
وقال الشيخ عليش المالكي في “فتح العلي المالك” (1/45):
[من المعلوم لكل أحد أن الأحاديث لا تثبت إلا بالأسانيد لا بنحو الكشف وأنوار القلوب، فما نقله السخاوي عن جماعة الشيخ إسماعيل اليمني، إن كان المراد صحة اللفظ توقف الأمر على السند، وإلا رُدَّ القول على قائله كائناً من كان، ودين الله لا محاباة فيه، والولاية والكرامات لا دخل لها هنا، إنما نرجع للحفاظ العارفين بهذا الشأن].
وقال الإمام الشاطبي في “الموافقات” (4/83) : [ فاعلم أن النبي مؤيد بالعصمة ، معضود بالمعجزة الدالة على صدق ما قال وصحة ما بَيَّن ، وأنت ترى الاجتهاد الصادر منه معصوماً بلا خلاف إما بأنه لا يخطىء البتة وإما بأنه لا يُقَرُّ على خطأ إن فرض ، فما ظنك بغير ذلك ؟ فكل ما حكم به أو أخبر عنه من جهة رؤيا نوم أو رؤية كشف مثل ما حكم به مما ألقى إليه الملك عن الله عز وجل ، وأما أمته فكل واحد منهم غير معصوم بل يجوز عليه الغلط والخطأ والنسيان ويجوز أن تكون رؤياه حلماً وكشفه غير حقيقي وإن تبين في الوجود صدقه واعتيد ذلك فيه وأطرد فإمكان الخطأ والوهم باق وما كان هذا شأنه لم يصح أن يقطع به حكم، وأيضاً فإن كان مثل هذا معدوداً في الاطلاع الغيبي فالآيات والأحاديث تدل على أن الغيب لا يعلمه إلا الله كما في الحديث من قوله عليه الصلاة والسلام: (في خمس لا يعلمهن إلا الله ثم تلا : { إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ .. } لقمان : 34).. إلى آخر السورة وقال في الآية الأخرى {وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لا يَعْلَمُهَا إِلا هُوَ} الأنعام:59، واستثنى المرسلين في الآية الأخرى بقوله { عَالِمُ الْغَيْبِ فَلا يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا ، إِلا مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُولٍ ..} الجن : 26-27 الآية فبقي مَنْ عداهم على الحكم الأول وهو امتناع علمه ..].
وقد أجاب الشاطبي هنالك عما احتج به بعضهم في الاحتجاج بالكشف فارجع إليه إن شئت .
2- وأما الرؤيا وهي ما يراه الإنسان في النوم . قال الفقيه ابن حجر الهيتمي في كتابه “المنهاج القويم” ص (368) :
[ولا عبرة بقول من قال : أخبرني النبي صلى الله عليه وآله وسلم أن غداً من رمضان ، فلا يجوز بالإجماع العمل بقضية منامه لا في الصوم ولا في غيره].
وقد صرَّح بذلك أيضاً جمع منهم : الشيخ زكريا الأنصاري في “أسنى المطالب شرح روض الطالب” (1/410) والعلامة الشربيني في “الإقناع” (1/216) وفي “مغني المحتاج” ، وغيرهم.
وقال الإمام النووي في “المجموع شرح المهذب” (6/281):
[(فرع) لو كانت ليلة الثلاثين من شعبان ولم ير الناس الهلال فرأى إنسان النبي صلى الله عليه وآله وسلم في المنام فقال له : الليلة أول رمضان لم يصح الصوم بهذا المنام لا لصاحب المنام ولا لغيره ، ذكره القاضي حسين في الفتاوى وآخرون من أصحابنا ونقل القاضي عياض الاجماع عليه وقد قررته بدلائله في أول شرح صحيح مسلم ومختصره أن شرط الراوى والمخبر والشاهد أن يكون متيقظا حال التحمل وهذا مجمع عليه ومعلوم أن النوم لا تيقظ فيه ولا ضبط فترك العمل بهذا المنام لاختلال ضبط الراوى لا للشك في الرؤية .. ] .
وهناك جماعة الكذابين أو المخرفين أو من اختلطت عليهم الأمور أو من يعيشون في أحلام اليقظة أو نحوهم وأمثالهم يحتجون كذبا بكشف أو رؤية لم يروها ولم تحصل لهم يضللون بذلك عامة الناس عن الحقائق فلا ينبغي الالتفات لترهاتهم ولا الوثوق والتعويل على أقوالهم، والتوفيق بيد الله سبحانه.

Artinya:

Kasyaf dan mimpi, secara syariat, tidak boleh dijadikan sebagai sumber dalil/hujjah. Kedua hal tersebut kerap muncul menyesatkan masyarakat.

1. KASYAF

Syaikh al-Jurjani dalam kitab Ta’rifat (1178) berpendapat:

  • Kasyaf secara lafadz: menghilangkan/mengangkat tabir.
  • Kasyaf secara istilah: mengetahui/menyadari makna-makna tak kasat mata (ghaib) dan makna-makna hakikat yang ada di balik tabir, baik secara perwujudan maupun persaksian.

Maka tidak boleh menjadikan pengakuan (klaim) manusia ataupun sesuatu yang dinukil dari ahli Kasyaf sebagai dalil syar’i untuk berhujjah dalam masalah aqidah maupun hukum-hukum lainnya.

Imam Sya’rani menyebutkan dalam kitab At-Thabaqat Al-Kubra (1/232), “Terdapat kekurangan/ketidaksempurnaan pada Ahli Kasyaf”.

Sedangkan Syaikh Alaisy Al-Maliky dalam kitab Fathul Ali Al-Malik (1/45) menyatakan, “Ahli Kasyaf yang benar adalah yang berasal dari ilmu hakikat.” Maka dari sini telah jelas bahwa setidaknya terdapat dua jenis kasyaf, yakni “Kasyaf yang benar (shahih) dan Kasyaf yang Kurang” atau “Kasyaf yang Tidak Benar”, lantas bagaimanakah dengan perbedaan masing-masing?

Bagaimana berhukum dengan hal tersebut padahal di dalamnya masih mengandung kemungkinan-kemungkinan (ambiguitas) serta tidak ada jaminan kebenaran?

Syaikh Alaisy Al-Maliki dalam kitab Fathul Aliy Al-Maliki (1/45) mengatakan:

“Sudah dimaklumi bagi setiap orang bahwasannya hadits-hadits akan menjadi mapan/stabil (kebenarannya) dengan adanya sanad-sanad, bukan dengan perkara kasyaf atau cahaya-cahaya hati.

Maka seperti yang dinukil oleh Imam As-Sakhawi dari jama’ah Syaikh Ismail Al-Yamani, jika berbicara mengenai keabsahan lafadz, maka urusan kemapanannya (kebenaran) bergantung pada Sanad. Namun jika tidak demikian, maka ucapan tersebut dikembalikan lagi kepada siapa yang mengucapkan, siapapun dia. Sedangkam aturan agama Allah tidak berpihak pada bagian yang ini.

Perkara berkenaan dengan kewalian dan karomah-karomah tidak masuk ke dalam bagian yang menentukan keabsahan lafadz. Urusan tersebut hanya bisa kita kembalikan kepada para ahli penjaga hadits.”

Imam Syatibiy dalam kitab Al-Muwafiqat (4/83) mengatakan:

“Maka ketahuilah, bahwasanya Nabi SAW dikokohkan dengan sifat ma’shum dan dikuatkan dengan mukjizat yang menunjukkan kebenaran ucapan beliau serta keabsahan penjelasan beliau. Maka engkau melihat ijtihad yang berasal dari beliau adalah benar-benar terjaga, adakalanya dikarenakan memang beliau tidak melakukan kesalahan sama sekali dan adakalanya karena beliau tidak bersepakat dalam suatu kesalahan.

Lantas bagaimana pendapatmu terhadap apa yang datang dari selain Nabi?

Setiap hal yang dijadikan sumber hukum ataupun sesuatu yang dikabarkan dari beliau dari segi mimpi maupun Kasyaf maka sama halnya seperti mengambil hukum dari apa yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW yang hakikatnya berasal dari Allah SWT.

Sedangkan umat nabi Muhammad SAW, masing-masing mereka tidaklah ma’shum, bahkan dimaklumi jika melakukan kekeliruan, kesalahan ataupun lupa.

Boleh jadi mimpinya hanyalah bunga tidur dan kasyafnya bukanlah kasyaf yang haqiqi. Dan andai kemudian mimpi dan kasyafnya menjadi benar dan nyata, tetap saja hal tersebut masih mungkin mengandung kesalahan dan kekeliruan sehingga tidak dapat dipastikan sebagai sumber hukum.

Andai dikatakan bahwa ini termasuk perkara menyingkap hal-hal ghaib, maka ayat-ayat Quran dan Hadits dengan gamblang menyatakan bahwa perkara ghaib itu hanya diketahui oleh Allah SWT.

Contohnya adalah hadits Nabi yang menjelaskan mengenai lima perkara yang tidak dapat diketahui oleh siapapun kecuali oleh Allah SWT, saat itu Nabi membacakan ayat ke 34 dari surat Lukman (Sesungguhnya hanya disisi Allah ilmu tentang hari kiamat, dan Dia yang menurunkan hujan….), kemudian beliau membacakan surat Al-An’am ayat 59 (Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia).

Lantas Allah mengecualikan para rasul di ayat yang lain melalui firman-Nya (Dia adalah Tuhan Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada rasul yang diridhai-Nya…) Al Jin 26-27. Maka orang-orang selain para Rasul, masuk ke dalam kategori hukum asal, yakni tidak mengetahui perkara yang ghaib.”

Demikianlah Imam Syatibiy menjawab persoalan mengenai orang yang berhujjah berdasarkan kasyaf orang lain, jika kau mau kau bisa menjadikannya rujukan.

2. RU’YAH (Mimpi)

Ru’yah (mimpi) adalah sesuatu yang dilihat oleh seseorang saat ia tidur.
Imam Al-Faqih Ibnu Hajar Al-Haitami mengatakan dalam kitab beliau yang berjudul Al-Minhajul Qawim (hal 368):

“Tidaklah dianggap ucapan orang yang mengatakan: “Nabi Muhammad SAW telah mengabarkan padaku bahwa besok adalah bulan Ramadhan.”

Maka secara ijma’ tidak boleh mengamalkan sesuatu berdasarkan dari mimpi yang ia alami baik dalam perkara puasa maupun perkara lainnya.”

Di antara ulama yang mengemukakan penjelasan yang serupa adalah: Syaikh Zakariya Al-Anshariy dalam kitab Asnal Matholib syarh Rhaudu Thalib (1/410), Al-Allamah Asy-Syarbini dalam kitab Al-Iqna’ (1/216) dan dalam kitab Mughnil Muhtaj, serta ulama-ulama lainnya.

Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ Syarh Muhadzzab (6/281) mengatakan:
“(cabang pembahasan) Andai saat itu bertepatan pada malam ke-30 dari bulan Sya’ban, sedangkan orang-orang belum melihat kemunculan hilal.

Lantas ada seseorang yang bermimpi bertemu dengan Nabi SAW di mana dalam mimpi itu Nabi berkata kepadanya: “Malam ini adalah awal mula bulan Ramadhan. Maka selanjutnya tidaklah sah berpuasa, baik bagi orang yang bermimpi maupun orang lain”.

Hal ini juga disebutkan oleh Al-Qhadiy Husain dalam kitab Al-Fatawa, serta oleh Ashab kita yang lain, sedangkan Al-Qhadiy ‘Iyadh menukil bahwa hal ini telah menjadi kesepakatan (ijma’) para ulama.”

Aku sendiri telah menetapkan dalil-dalilnya pada permulaan syarah Shahih Muslim serta mukhtasor-nya bahwasanya telah menjadi syarat bagi perawi, orang yang mengabarkan (mukhbir) dan orang yang menyaksikan (syahid) untuk harus dalam keadaan sadar/terjaga. Hal ini adalah sesuatu yang disepakati para ulama.

Sedangkan tidur, sebagaimana maklumnya, bukanlah keadaan sadar/terjaga dan tidak memenuhi syarat Dhabit. Maka tidak bisa beramal berdasarkan dari mimpi ini karena adanya permasalahan dalam Dhabit perawi, bukan disebabkan karena adanya keraguan mimpi tersebut.”

Terdapat pula sekelompok pendusta, perusak, orang-orang yang urusannya bercampur aduk, orang-orang yang hidup dalam khayalan dan semisal mereka yang berhujjah dengan suatu kebohongan berdasarkan Kasyaf dan Ru’yah (mimpi) yang tidak mereka alami dan tidak mereka rasakan. Mereka menyesatkan masyarakat dari hakikat-hakikat dengan hal tersebut.

Maka seyogyanya untuk tidak memperhatikan kebohongan-kebohongan mereka, serta tidak mempercayai dan berusaha menakwilkan ucapan-ucapan mereka.

Maka taufiq itu hanyalah berada di tangan Allah semata.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *