Melawan Islamofobia dengan Teladan, Muhammad Salah Mengubah Wajah Islam di Eropa

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Bintang sepakbola asal Mesir, Muhammad Salah, yang kini merumput di klub besar Liverpool Inggris telah mengubah stereotype tentang Arab-Islam.

Salah yang bergabung ke Liverpool pada 2017 dengan cepat membuat penggemar sepakbola terpana melalui permainannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai pemain depan ia banyak mencetak gol. Bahkan dalam musim kompetisi 2021-2022, Salah menjadi pencetak gol terbanyak di liga Inggris.

Dari berbagai sumber, dalam sebuah video menginformasikan, sebagai muslim yang soleh sikap Salah  yang menghindari kehidupan malam dan minuman keras serta ‘Family Man’ membuat ia jadi panutan di luar lapangan.

Berkat Salah, persepsi yang selama ini dilekatkan tentang muslim terkait dengan kekerasan, teroris, atau penindasan terhadap perempuan perlahan memudar.

Dia juga menyumbang untuk proyek pendidikan, perawatan kesehatan dan hak-hak hewan.

Pesepakbola dunia itu pun begitu memuliakan perempuan, ia menyatakan, “perempuan pantas mendapatkan lebih dari apa yang diberi masyarakat saat ini”.

Salah juga muncul dalam video promosi hari perempuan bersama putri sulungnya, Makka.

Berbagai kalangan begitu mencintai Salah, tidak hanya orang-orang Timur Tengah, dan Afrika. Tetapi juga anak muda Inggris. Ia disambut bak pahlawan ketika berada luar lapangan area Liverpool.

Dia sangat menyayangi anak-anak, contohnya saja, ketika seorang anak bernama Lous Fowler pernah menabrak tiang lampu jalan saat berusaha mengejar Salah. Hidung Flowler patah, tetapi anak itu mengaku rasa sakitnya hilang ketika Salah berbalik mengecek keadaannya.

Sedemikian fenomenalnya Salah, sampai-sampai ada studi ilmiah yang melahirkan konsep ‘efek salah’. Menurut studi itu Salah “mengubah persepsi orang-orang tentang Islam”.

Pengaruh Salah dalam mengurangi Islamofobia dinilai fenomenal. Karena itulah majalah Time menobatkan Salah sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia pada 2019.

Liverpudlian atau fans liverpool, bahkan membuat yel-yel baru demi Salah. Yelnya berbunyi;

“Jika Tuhanmu cukup baik untukmu, Tuhanmu cukup baik untukku. Jika kamu mencetak beberapa gol lagi, lalu aku akan menjadi muslim juga. Duduk di masjid bersamamu, itulah tempat yang ingin aku tuju!”

Salah telah menjadi duta Islam yang sesungguhnya. Salah melawan Islamofobia dengan teladan.(dbs)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *