Wagub Ajak Masyarakat Tetap Semangat Hadapi Cobaan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jadi Khatib di MAJT Naik Sepeda Motor

SEMARANG, Hajinews.id – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen naik sepeda motor Vespa PX saat hendak menjadi Khatib Idul Adha 1443H di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang, Minggu (10/7). Gus Yasin berangkat dari Rumah dinas Rinjani memakai kain sarung dipadu jas lengkap memakai helm sekitar pukul 06.00.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam khotbahnya, Taj Yasin menyampaikan umat Islam Indonesia terbukti dapat berjuang dan berkorban dengan semangat persaudaran menghadapi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih terjadi dan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Sehingga semuanya harus mengucapkan rasa syukur kepada Allah Swt.

“Idul Adha kali ini kita patut bersyukur. Salah satunya jamaah haji Indonesia sudah berangkat menunaikan ibadah haji,” kata Gus Yasin.

Selain menunaikan salat Id,  Gus Yasin juga menyerahkan hewan kurban. Jumlah hewan yang diserahkan sebanyak 39 ekor hewan terdiri dari 11 ekor sapi dan 28 ekor kambing.

Dia berpesan agar masyarakat terus waspada terhadap wabah PMK yang menjangkit hewan-hewan ternak. Masyarakat diimbau agar tertib dalam memilih hewan, termasuk mengecek kondisi kesehatan maupun kelayakan hewan kurban, serta selalu berkoordinasi dengan instansi kesehatan terkait PMK dan Covid-19.

“Di Jawa Tengah, kami sudah mengedarkan kepada masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota, untuk mengawasi rumah pemotongan hewan (RPH) serta menertibkan bagaimana berlangsungnya penyembelihan hewan kurban. Kita dorong ke RPH supaya tidak ada kerumunan dan menghindari penularan Covid-19 dan PMK,” kata Wagub.

Taj Yasin meminta kepada seluruh Juru Sembelih Halal (Juleha) di Jawa Tengah untuk terjun ke masyarakat. Pemprov Jateng telah melakukan pelatihan juru sembelih halal (Juleha) kepada masyarakat, dia berharap Juleha dapat mempraktekkan ilmunya, dan saat ini ada sekitar 100 lebih Juleha dari Santri Gayeng Nusantara yang sudah langsung terjun ke Masyarakat.

“Kepada juru sembelih di kampung-kampung, juga diimbau untuk melaporkan kesehatan hewan kurban, karena bukan hanya untuk disembelih tetapi ini juga berkaitan dengan masyarakat yang mengkonsumsi, sehingga harus halal dan higienis. Kalau ada hewan yang sakit hentikan dahulu atau diundur, karena penyembelihan bisa dilakukan hingga tiga hari kedepan,” pintanya.

Salat di MAJT

Salat Idul Adha 1443 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jl Gajahraya Semarang, Minggu (10/7) diikuti ribuan orang dari berbagai penjuru daerah.

Tampak hadir di shaf pertama Ketua Dewan Pelaksana Pengelola MAJT Prof Dr KH Noor Ahmad MA, Sekretaris Drs KH Muhyiddin MAg, Kepala Bidang Haji Kanwil Kemenag Drs KH Moh Ahyani, Ketua Panitia Idul Adha Dr H Nur Khoirin YD dan para pengurus yang berbaur dengan ribuan jamaah.

Ketua Panitia Idul Adha MAJT Dr H Nur Khoirin YD menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya salat Idul Adha di MAJT.

“Alhamdulillah pelaksanaan salat Idul Adha di MAJT berjalan lancar dan tertib. Sesuai dengan kapasitas Masjid Agung Jawa Tengah bisa menampung sekitar 20 ribu jemaah, dan tiga pintu akses masuk dibuka, sehingga lalu lintas pun tidak begitu macet,” katanya.

Dia menjelaskan, Idul Adha 1443 H penerimaan hewan kurban di MAJT sebanyak 11 sapi, 25 ekor kambing dan domba. Pelaksanaan penyembelihan herwan kurban akan dilaksanakan pada hari pertama tasyrik, Senin 11 Juli 2022 mulai pukul 07.00 WIB. Bagi para mudhahhy atau sahibul kurban bisa menyaksikan penyembelihan pada hari Senin. “Panitia juga mengharapkan kehadiran para mudhahhy dan panitia maupun pengurus MAJT menyaksikan penyembelihan hewan kurban tersebut,” kata Nur Khoirin.

Hewan kurban dari mudhahhy, untuk 11 hewan kurban sapi berasal dari Udinus, BPN, Walikota, SPHC, Baznas Pusat, Bank Jateng, MAJT, Wagub Jateng, Kapolda Jateng, Gubernur Jateng. Sedangkan sapi dari Wali Kota Semarang yang secara khusus diserahkan oleh Wakil Wali Kota Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu. Sedangkan kurban kambing di antaranya berasal dari Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji, BTN Syariah, Dandim Salatiga, Hotel Santika, Korem Yogyakarta, PT Djarum, Bapenda Provinsi Jateng, BPR Kedung Arto, Alm Hendro Suroyo bin Sumowigoyo, Alm Etty Suicanti binti Sunarjo, PT Prima Mitra Laksana, H Harsono, Kamal, Yumna, dan Puji Anggoro, dan Ratna Binti Ibrahim.

Ketua PP MAJT, Prof Dr H Noor Ahmad MA menyampaikan terima kasih atas kepada para mudhahhy atas kepercayaan yang diberikan kepada MAJT. Daging hewan kurban selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerima, baik di lingkungan sekitar MAJT, maupun di lingkungan masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *