Dibisiki Jenderal Bintang 3, Refly Harun Ungkap Taipan Sudah Beli Tiket Capres, 2024 Milik Orang Berduit!

Refly Harun. (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mengungkapkan bahwa taipan atau seorang konglomerat sudah “membeli” tiket calon presiden untuk 2024 mendatang. Taipan itu menurutnya sudah punya pilihan soal siapa yang akan didukung menjadi presiden dan wakilnya.

Menurut Refly, informasi itu ia dapatkan dari seorang purnawirawan jenderal bintang tiga yang cukup berpengaruh di beberapa rezim pemerintahan, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Satu pekan lalu saya bertemu seseorang, katakanlah pensiunan bintang tiga. Ketika saya tanya bagaimana peran taipan, dia sambil tertawa bilang ‘besar sekali perannya’,” kata Refly di kanal YouTube pribadinya, Selasa (12/7/2022).

Meskipun tidak menyebutkan nama jenderal itu, Refly meyakini informasi tersebut kemungkinan besar sahih lantaran disampaikan oleh orang penting di negara ini.

“Jadi orang seperti dia tidak mungkin tak tahu bagaimana peran seorang taipan dalam politik di Indonesia. Karena politik itu mahal sekali, sehingga tidak mungkin tanpa melibatkan orang beruang,” jelasnya.

Refly melanjutkan, sang jenderal mengatakan bahwa taipan sudah memiliki dua pilihan tokoh untuk didorong menjadi presiden. Namun, taipan itu juga tidak menginginkan satu sosok tertentu menjadi presiden.

“Dia juga mengatakan bahwa taipan itu sudah punya preferensi, bahwa dia pengen a dan b saja tapi tidak ingin c. Kira-kira begitu ya simboliknya. Sehingga bagi c sangat berat untuk melenggang karena dia harus berhadapan dengan taipan yang tentu memiliki kemampuan finansial yang luar biasa,” ungkapnya.

Jika sudah demikian, Refly menilai sosok yang dipilih taipan akan sulit tertandingi siapa pun lawannya. Kecuali, kata dia, ada keinginan rakyat untuk lepas dari pengaruh taipan tersebut.

“Taipan mudah saja membeli apa saja termasuk suara rakyat. Kecuali ada gelombang besar rakyat yang memang ingin lepas dari taipan dan mau hidup dalam demokrasi. Tapi tentu tidak mudah,” imbuhnya. (Dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *