Hikmah Pagi : Orang Bertakwa Akan Dimudahkan Segala Persoalan Hidup

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Orang yang bertakwa akan dimudahkan Allah SWT segala persoalan dalam hidupnya, akan senantiasa mendapatkan bimbingan dari Allah dan segala perkara yang ia lakukan akan mendapatkan bimbingan.

Hamba Allah, adalah orang-orang yang teguh keimanannya dalam Islam, orang yang berakhlak mulia, mereka selalu menjaga diri, menjauh dari perbuatan yang dimurkai Allah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengenai pembahasan orang bertakwa tersebut, disampaikan dalam Khutbah di Masjid Haji Keuchik Leumiek (HKL) Banda Aceh (1/7/2022).

Khatib khutbah Jumat adalah Ust Azhar SAg, MAg dan Imam Shalat Tgk Iqbal Syeikh Muda.

Kokoh Iman

Orang yang memiliki iman yang kokoh, menjauhkan diri dari perbuatan yang dilarang, menjaga tindakan dan perbuatan, bertakwa dan teguh dalam keimanan, maka Allah SWT akan memberikan jalan keluar atas segala persoalan yang ia hadapi.

“Orang yang kokoh dan teguh dalam ketakwaan, akan Allah berikan jalan keluar terhadap seluruh persoalan yang datang padanya, akan diberikan Allah rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka,” sebut khatib.

Dalam surat Alquran QS An Nahl ayat 128, Allah menegaskan bahwa Ia bersama orang-orang bertakwa dan berbuat kebaikan.

اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا وَّالَّذِيْنَ هُمْ مُّحْسِنُوْنَ

Artinya: Sungguh, Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.

Khatib khutbah Jumat adalah Ust Azhar SAg, MAg dan Imam Shalat Tgk Iqbal Syeikh Muda

Tafsir QS An Nahl 128 dari Kemenag:

“Ketahuilah bahwasungguh, Allah beserta orang-orang yang bertakwa, yang menjaga diri dari murka-Nya dengan melaksanakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya, dan bersama orang-orang yang berbuat kebaikan kepada orang lain yang pernah berbuat buruk kepada mereka.”

Janji Rasulullah

Orang yang bertakwa adalah orang yang menebarkan kebaikan dalam hidup, Rasulullah berjanji dengan janji tersebut pasti ditepati, diantara janji Rasulullah SAW adalah, pertama, Rasulullah menjanjikan sebuah rumah dipinggir surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan, meninggalkan permusuhan dan meninggalkan ucapan yang tidak penting.

“Orang yang menyampaikan ilmu, menyampai kebaikan, apabila ditentang maka jangan sekali-kali kita berdebat, jangan pernah membenarkan diri, tugas kita hanya menyampaikan kebaikan, jangan pernah berdebat. Orang yang meninggalkan debat akan mendapatkan rumah dipinggir Surga,” jelas khatib.

“Kedua, Rasulullah menjanjikan rumah tepat di tengah surga untuk orang yang meninggalkan dusta, walaupun tujuan bercanda. Orang yang meninggalkan dusta dijanjikan Rasul sebuah rumah di tengah Surga,” tambah khatib.

Selanjutnya, janji terakhir adalah rumah di Surga yang paling tinggi apabila seseorang memiliki akhlak dan budi pekerti baik.

“Allah juga menjanji sebuah rumah di Surga yang paling tinggi untuk orang yang paling baik akhlaknya, baik budi pekertinya, begitulah janji Rasul dan Allah,” ucap khatib.

Balasan Takwa

Orang yang bertakwa, maka harus sepanjang hidup bertakwa, bukan ketika malam hari bertakwa siang melakukan durhaka, atau siang hari bertakwa malam harinya durhaka.

Bertakwa dilakukan sepanjang hayat, sepanjang hidup dan setiap saat diusahakan ketakwaan tersebut selalu dijaga.

“Bertakwa sepanjang hayat dan sepanjang hidup, bukan bertakwa malam hari dan melanggar pada siang hari. Tidak ada yang memastikan bahwa besok hari kita masih melihat mentari terbit,” kata khatib.

“Sesungguhnya Allah SWT mencatat kebaikan dan keburukan, Rasulullah merincikan bagaimana Allah SWT menuliskan kebaikan dan keburukan, apabila ada seorang manusia yang bercita-cita melakukan kebaikan, lalu dia tidak jadi melakukannya, seperti berniat tahajud tapi gagal melakukannya maka Allah mencatat satu kebaikan,” rinci khatib.

“Orang yang berniat melakukan kebaikan, lalu dia jadi melakukannya, Allah mencatat 10 kebaikan, selanjutnya ada pula 700 kebaikan yang dicatat, bahkan ada juga dalam jumlah yang tidak terhitung, semua tergantung niat dan amal shaleh,” tambah khatib.

Ada pula ibadah yang tidak terhitung jumlahnya, yakni ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba karena rasa kecintaannya pada Allah SWT.

Ia beribadah bukan karena merasa kewajiban atas dirinya, ia beribadah karena rasa kecintaannya pada Sang Pencipta.

“Orang yang melakukan ibadah karena cinta pada Penciptanya, maka jumlah pahala yang diberikan tidak terhitung jumlahnya,” ungkap khatib.

“Orang yang berniat melakukan suatu dosa, tapi tidak jadi, Allah telah siapkan sebuah pahala, orang yang berniat buat dosa dan benar dilakukan, Allah hanya mencatat untuknya hanya satu dosa saja,” tambah khatib.

Orang yang berusaha mendekatkan diri pada Allah dengan sejengkal demi sejengkal, maka Allah mendekat padanya dengan satu hasta, orang mendekat pada Allah dengan berjalan, maka Allah mendekat padanya berjalan kencang padanya.

“Orang yang mendekat pada Allah satu jengkal, Allah mendekat padanya satu hasta, demikianlah balasan bagi orang berbuat kebaikan dan demikian pula cara perhitungan Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang pada hambaNya,” tutup khatib.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *