Hikmah Siang : Sunah Sebelum Wudhu

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Wudhu adalah hal yang wajib dilakukan sebelum sholat dan membaca Al-Quran. Tujuan wudhu adalah membersihkan diri dari hadas kecil yang menghalangi sahnya sholat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tata cara wudhu perlu dilakukan dengan benar agar ibadah menjadi sah. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan baik sebelum maupun setelah wudhu, salah satunya adalah membaca doa setelah wudhu singkat.

Imam An-Nawawi dalam kitab al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab mengatakan, wudhu berasal dari kata bahasa Arab wadha’ah yang bermakna kebersihan. Wudhu bertujuan membersihkan tubuh dari hadas kecil yang diawali dengan niat. Wudhu dilakukan dengan cara berkumur, membasuh wajah, kedua tangan sampai siku, mengusap kepala, dan membasuh kedua kaki sampai mata kaki.

Lantas bagaimana bacaan doa setelah wudhu singkat? Cari jawaban selengkapnya berikut ini lengkap dengan sunah sebelum wudhu.

Sebelum mengetahui bacaan doa setelah wudhu singkat, kamu juga perlu mengetahui sunah wudhu. Terdapat beberapa sunah yang perlu diamalkan, baik sebelum, selama, hingga setelah wudhu.

Berikut penjelasan sunah wudhu selengkapnya:

Bersiwak adalah sunah sebelum wudhu. Siwak sama dengan menggosok gigi, namun menggunakan sejenis kayu siwak. Manfaat siwak bisa menghilangkan warna kuning pada gigi dan membunuh kuman. Nabi SAW sangat menganjurkan siwak sebagaimana disampaikan melalui hadisnya:

“ Seandainya aku tidak khawatir memberatkan umatku, niscaya telah kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Ahmad, dalam Shohihul jami’)

Sebelum memulai wudhu, sebaiknya mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. Hal ini penting agar saat membasuh wajah dan anggota wudhu lainnya, telapak tangan dalam keadaan bersih.

Sebagaimana hadits Utsman tentang cara wudhu Nabi SAW: “ …lalu beliau menuangkan (air) di atas telapak tangannya tiga kali kemudian mencucinya,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya, lakukan kumur-kumur sebanyak tiga kali dan istinsyaq atau memasukkan air ke dalam lubang hidung. Tujuan berkumur adalah agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut. Sementara istinsyaq akan membersihkan hidung dari kotoran.

Amalan sunah ini berdasarkan hadits Abdullah bin Zaid ra yang mengajarkan tentang bagaimana Nabi SAW berwudhu:

“ Bahwasanya beliau SAW berkumur-kumur dan istinsyaq dari satu telapak tangan. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali.” (HR. Muslim)

Nabi SAW juga bersabda: “ Bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq, kecuali kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR. Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad dengan sanad yang shahih)

Membaca doa setelah wudhu singkat rupanya juga menjadi salah satu sunnah. Dari Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “ Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan sempurna, kemudian mengucapkan ‘asyhadu allaa ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rosuluhu’ kecuali dibukakan baginya delapan pintu surga dan ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia suka,” (HR. Muslim).

Dalam lafadz Tirmidzi ada tambahan bacaan, “ Allahumma ijnalni minattawabiin wa ij’alni minal mutathohhiriin.” (HR. Tirmidzi, shahih)

Itulah doa setelah wudhu singkat yang dikutip berdasarkan hadis Nabi SAW.

Setelah wudhu, kaum Muslim disunahkan melaksanakan sholat dua rakaat. Ketika Utsman ra telah selesai mempraktikkan cara wudhu Nabi SAW, beliau berkata, “ Aku melihat Nabi SAW berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian beliau bersabda, ‘Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian sholat dua rakaat dengan penuh kekhusyukan, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melalui hadis, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa Allah memerintahkan untuk melaksanakan wudhu setiap hendak sholat. Hadis tersebut adalah sebagai berikut: “ Aku diperintah untuk berwudlu apabila hendak melakukan sholat.” (HR. Abu Dawud (3760), Tirmidzi (1848))

Karena harus dilakukan berurutan, simak tata cara wudhu berikut ini:

Membaca niat wudhu.
Membaca Basmallah.
Berkumur-kumur sebanyak tiga kali.
Mencuci Lubang Hidung sebanyak tiga kali.
Membasuh wajah sebanyak tiga kali.
Membasuh kedua tangan sampai ke bagian siku sebanyak tiga kali.
Mengusap sebagian kepala.
Mmbersihkan kedua telinga dengan cara memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga, lalu ibu jari diusapkan ke bagian kedua daun telinga.
Mencuci kedua kaki sampai di atas mata kaki.
Membaca doa setelah wudhu singkat.
Sebelum wudhu sebaiknya membaca doa terlebih dahulu sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT yang telah menjadikan air sebagai alat bersuci sekaligus sumber kehidupan makhluk di bumi.

Berikut bacaan doa sebelum wudhu yang perlu dibaca:

Alhamdulillahi alladzi ja’alal maa-a thohuuro.

Artinya:

“ Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air yang suci dan mensucikan.

Membaca doa setelah wudlu.

Saat berwudhu, hendaknya sahabat Dream tidak lupa untuk membaca niat wudhu terlebih dahulu. Karena niat ini sangatlah penting untuk menentukan sah atau tidaknya wudhu yang sudah dilakukan. Berikut adalah bacaan niat wudhu yang bisa Sahabat Dream hafalkan:

Nawaitul wudhu-a liraf’il hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’ala.

Artinya:

“ Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

Berikut bacaan doa setelah wudhu singkat yang dapat kamu amalkan setiap hari:

Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahummaj’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina

Artinya:

“ Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *