Thaif, Kota Penghasil Buah

Kota Thaif
Kota Thaif
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Beberapa hari setelah menjalani prosesi puncak ibadah haji yang meliputi Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), jamaah haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, pada umumnya tetap memperbanyak ibadah dengan melaksanakan shalat di Masjid Al Haram. Pasalnya, pahalanya setara dengan 100.000 kali dibanding shalat di masjid lainnya.

Namun demikian banyak juga jamaah haji asal Indonesia yang memanfaatkan waktu tersisa untuk melakukan ziarah mengunjungi tempat-tempat bersejarah maupun menarik lainnya yang ada di sekitar Kota Mekah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi jamaah haji adalah Kota Thaif. Sebagaimana yang dilakukan jamaah haji asal KBIH Baitul Atiq Gresik yang tergabung di Kloter 31 SUB, Rabu (20/7/2022).

Kota Thaif yang di zaman Nabi SAW dikenal karena penolakan penduduknya terhadap ajakan dakwah Nabi, bahkan melempari Nabi dengan batu sehingga Nabi berdarah. Namun oleh Nabi, perlakuan yang menyakitkan itu tetap dimaafkan sehingga di kemudian hari penduduk Thaif menerima dakwah Nabi menjadi menjadi pemeluk Islam.

Menurut Nur Kholis Yahya, pemandu ziarah, Thaif terletak 75 km dari Kota Mekah. Berada di ketinggian 1.750 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi gunung-gunung dan memiliki hawa yang sejuk. Salah satu pengunungan yang terkenal adalah Pegunungan Hada.

Thaif juga banyak terdapat sumber air, sehingga banyak terdapat tanaman buah dan bunga. Buah yang terkenal dari Thaif antara lain delima, anggur, basuri, dan buah tin.

Sebagai penghasil buah-buahan, di Thaif banyak terdapat titik-titik penjualan buah. Buah yang dijual tentu lebih beragam. Tidak hanya yang diproduksi Kota Thaif. Bahkan buah mangga pun dijual di sentra penjualan buah tersebut.

Jamaah haji KBIH Baitul Atiq umumnya membeli delima. Bu Fiaduz Zaqiyah misalnya, “patungan” dengan dua ibu lainnya membeli satu dus buah delima ukuran sedang berisi 40 buah seharga 110 Riyal. Sedang saya “patungan” dengan Pak Bagus membeli satu kotak mangga isi 10 buah seharga 35 Riyal.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *