Kini Abu Bakar Ba’asyir Akui Pancasila, MUI: Jika Ada Muslim Menolak Pasti karena Salah Paham

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, MUI yang juga Anggota Dewan Pakar Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Muhammad Cholil Nafis mengapresiasi Ustaz Abu Bakar Ba’asyir yang mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Umat Muslim yang menolak karena salah memahami Pancasila.

Menurutnya Pancasila sangat mirip dengan piagam Madinah. Piagam ini berhasil mempersatukan masyarakat Madinah yang majemuk.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal itu disampaikan Cholil Nafis merespons Ustaz Abu Bakar Ba’asyir yang mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

“Walhamdulillah. Pancasila dan UUD Indonesia sangat mirip dengan shahifah Madinah dasar negara yang dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW,” kata Cholil dikutip dalam akun Twitternya @cholilnafis, Rabu (3/8/2022).

Rais Syuriyah PBNU periode 2022-2027 ini menyebut bahwa jika umat muslim menolak Pancasila karena salah paham. Selain itu bisa saja mengikutip paham yang salah dan akhirnya tidak ingin memahami Pancasila.

“Kalau ada muslim yang menolaknya pasti karena salah paham, paham yang salah dan akhirnya tak mau paham,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan napi terorisme, Abu Bakar Ba’asyir mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Menurutnya dasar dari Pancasila adalah tauhid atau ketuhanan seperti tertuang dalam sila pertama Pancasila.

Hal itu terungkap usai video yang menampilkan Abu Bakar Ba’asyir sedang memberikan ceramah beberapa waktu lalu dan videonya beredar luas di media sosial.

“Indonesia berdasar Pancasila kenapa disetujui ulama? Karena dasarnya tauhid, Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Ba’asyir dalam video yang viral di media sosial dikutip Selasa (2/8/2022).(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *