Mahfud: Presiden Jokowi Minta Kasus Brigadir J Dibuka Sejujur-jujurnya

Menko Polhukam Mahfud MD (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD kembali menyampaikan pesan dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait pengusutan kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Ia menyebut, Presiden minta secara spesifik agar pengusutan kematian Brigadir J diungkap sejujur-jujurnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Presiden minta agar hal ini dibuka sejujur-jujurnya. Kalau ada yang tersembunyi atau disembunyikan nanti akan terlihat bila memang ada upaya seperti itu,” ungkap Mahfud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

Ia menambahkan, sejumlah lembaga yang mengawal pengungkapan kasus ini mulai dari Komnas HAM, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), pengacara Brigadir J, kelompok masyarakat sipil hingga Kompolnas sudah melapor. Namun, Mahfud tak bisa mengungkap isi laporan tersebut. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu meminta agar publik bersabar menanti hasil penyidikan kematian Brigadir J.

“Saya meminta masyarakat ikuti saja perkembangan ini, nanti akan ada ujungnya. Saya tidak akan masuk ke substansinya,” kata dia.

Spekulasi liar publik semakin meningkat lantaran sudah memasuki hari ke-25 tapi belum ada kemajuan yang signifikan. Nama tersangka pun belum diumumkan oleh tim khusus yang dibentuk oleh Kapolri.

Mengapa hingga saat ini tim khusus Polri belum mengumumkan satu tersangka? Sedangkan di perkara lain, mereka terlihat lebih cepat bekerja.

2. Pengacara istri Ferdy Sambo sebut Ferdy sudah diperiksa penyidik dua kali
Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (Dok. Divisi Humas Polri)

Di sisi lain, pertanyaan mengarah ke Kadiv Propam non aktif Irjen (Pol) Ferdy Sambo. Sebab, selama ini ia terlihat seolah belum pernah dimintai keterangan oleh penyidik di kepolisian.

Menurut anggota TAMPAK, Saor Siagian, justru penyidik seharusnya memprioritaskan untuk meminta keterangan dari Sambo. Sebab, Brigadir J tewas di rumah dinasnya di Kompleks Perumahan Polri, Duren Tiga. Namun, yang dimintai keterangan oleh penyidik justru individu yang dianggap tidak terlalu esensial seperti sopir pribadi, asisten rumah tangga (ART), ajudan, hingga petugas laboratorium penyedia layanan swab PCR.

“Di Pasal 184 (KUHP), barang bukti pertama adalah keterangan saksi, kemudian adalah keterangan ahli, surat petunjuk dan lain-lain. Jangan sampai ART (Asisten Rumah Tangga), ajudan sudah diperiksa, bahkan sampai dua kali. Tapi, saksi penting tidak diperiksa,” ungkap Saor yang ditemui di kantor Kompolnas, Selasa (2/8/2022).

Saksi penting yang dimaksud Saor adalah Ferdy Sambo. Sebab, ia menghuni rumah dinas tersebut. Meski belakangan sering disebut Ferdy lebih sering menghuni rumah pribadi di Jalan Saguling, yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah dinas.

“Bila saksi penting itu tidak segera diperiksa, bisa mengakibatkan degradasi kepercayaan tim khusus. Publik malah jadi tak percaya ke tim khusus,” katanya.

Di sisi lain, kuasa hukum istri Ferdy Sambo, Arman Hanis mengatakan, Ferdy Sambo sudah pernah diperiksa dua kali oleh timsus Polri. Ia mengatakan, pemeriksaan sudah berlangsung pada 14 Juli 2022 dan 15 Juli 2022.

“Pak Sambo sudah diperiksa kok dua kali oleh tim yang dibentuk oleh Pak Kapolri,” ungkap Arman kepada IDN Times melalui pesan pendek pada hari ini.

Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut materi pemeriksaan yang dilakukan penyidik. Selain itu, ia tidak turut mendampingi karena bukan kuasa hukum Ferdy Sambo.

“Saya tidak ikut mendampingi karena Pak FS (Ferdy Sambo) belum menunjuk kuasa hukum,” katanya.

Arman mengatakan, Ferdy Sambo juga bakal hadir bila Komnas HAM nantinya akan memanggil Kadiv Propam nonaktif itu. Ia mengklaim, Ferdy Sambo akan bersikap kooperatif dan mengikuti proses hukum yang berlaku.

“Gak ada masalah. Pak Sambo pasti akan hadir apabila dibutuhkan keterangannya oleh Komnas HAM,” tutur dia.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *