Wapres Ma’ruf Amin Minta Kenaikan Biaya Haji Tahun Depan Dievaluasi

Wapres Ma'ruf Amin (foto: ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta agar kenaikan biaya Haji 1444 Hijriah atau untuk keberangkatan tahun depan untuk dievaluasi lagi.

Evaluasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan biaya haji yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Kenaikan biaya ini salah satunya karena adanya krisis global.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Memang sekarang ini kan ada akibat daripada krisis sehingga ada kenaikan biaya haji itu, sehingga itu harus dievaluasi pemerintah untuk persiapan tahun depan,” kata Wapres di sela menghadiri Islamic Book Fair, di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (5/8/2022).

Sementara itu, Wapres mengatakan pelaksanaan haji di tahun 1443 Hijriah atau 2022 secara keseluruhan dinilai baik. “Nah secara keseluruhan dinilai baik,” kata Wapres.

Meski begitu, kata Wapres, pelaksanaan ibadah haji tahun ini pertama kalo dilakukan setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19. “Tentu agak berbeda ya, karena ini kan baru pertama selama dua tahun,” katanya.

Wapres mengatakan dalam pelaksanaan haji memang selalu ada masalah. “Bahwa dalam haji itu selalu ada problem, pasti. Ngurusi ratusan ribu orang di negara orang memindahkan dari negara Indonesia, dengan berbagai itu, pasti menyebutnya itu rantai kesulitan itu pasti ada.”

Meski begitu, kata Wapres, jemaah haji yang wafat juga sedikit. “Tetapi jauh lebih berkurang, koban juga sedikit, pelayanan haji juga jauh lebih baik.”

“Tapi dari tahun ke tahun selalu ada perbaikan. Barangkali itu,” paparnya.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *