Khataman Al-Qur’an 22 Kali, Tandai Dies Natalis Unwahas

Khataman Al-Qur’an 22 Kali
SANTUNAN YATIM PIATU: Rektor Unwahas Prof Dr KH Mudzakir Ali, Ketua Pengajian Ibu-Ibu Masjid Agung Jawa Tengah (PIMA-JT) Dr Hj Nur Kusuma Dewi foto bersama dengan 50 yatim piatu penerima santunan dalam rangka Dies Natalis Ke-22 Universitas Wahid Hasyim usai khataman Al-Qur’an sebanyak 22 kali.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Sebanyak 65 mahasswa penerima beasiswa Program Tahfidz Al-Qur’an menghadiahkan khataman Al-Qur’an sebanyak 22 kali menandai Dies Natalis Ke-22 Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, kemarin.

‘’Alhamdulillah para hafidz-hafidzah berkumpul di aula lantai 6 gedung Dekanat Unwahas, membaca Al-Qur’an bilghaib atau hafalan satu-persatu. Satu mahasiswa membaca yang lain menyimak hingga khatam hingga 22 kali,’’ kata Wakil Rektor Unwahas selaku Ketua Panitia Dies Natalis Dr Nur Kholid MAg, kemarin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kegiatan yang berlangsung di aula lantai 6 Gedung Dekanat Kampus Unwahas Jalan Menoreh Tengah, Sampangan itu dirangkai dengan santunan kepada 50 anak yatim piatu, fakir miskin di lingkungan kampus dan Pantai Asuhan Al-Idris Gunungpati .

Kegiatan tersebut mendapat support dari Pengajian Ibu-Ibu Masjid Agung Jawa Tengah (PIMA-JT) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.

Usai khataman Al-Qur’an, Ketua Pengajian Ibu-Ibu Masjid Agung Jawa Tengah (PIMA-JT) Dr Hj Nur Kusuma Dewi dan Rektor Unwahas Prof Dr KH Mudzakir Ali menyerahkan santunan. ‘’Selain tasyakuran Dies Natalis Ke-22 Unwahas, sekaligus mensyukuri Tahun Baru 1 Muharam 1444 Hijriyah,’’ kata Mudzakir Ali.

Nur Kholid menjelaskan, dalam rangka menyemarakkan Dies Ke-22 Unwahas, pihaknya menggelar berbagai kegiatan. Antara lain ziarah ke makam para pendiri Unwahas, lomba cipta dan baca puisi, temu diaspora dan sarasehan internasional, tabligh akbar kebangsaan, lomba olahraga antarlembaga, USID Teman Unwahas Coaching Clinik, khitanan massal, pelayanan donor darah dan pelatihan literasi digital. Ada pula pemberian awarding untuk katagori dosen berprestasi, tendik berprestasi dan mahasiswa berprestasi. Puncak tasyarakuran Upacara Dies akan digelar di auditorium Fakultas Kedokteran kampus Nongkosawit, Gunungpati, Senin (8/8).

Progam Rutin

Ketua Pengajian Ibu-Ibu Masjid Agung Jawa Tengah (PIMA-JT) Dr Hj Nur Kusuma Dewi dalam sambutanya mengatakan, santunan anak yatim merupakan program rutin ibu ibu pengajian Masjid Agung yang berasal dari para aghniya, donatur dan Baznas. ‘’Alhamdulillah tahun ini santunan yatim piatu dan fakir miskin diselenggarakan di Unwahas dan MAJT,’’ katanya.

Rektor Unwahas Prof Dr KH Mudzakir Ali mengharapkan, anak-anak yatim juga menyelipkan doa untuk kemajuan dan kejayaan Unwahas yang sedang mensyukuri Dies Natalis Ke-22. ‘’Doa anak-anak yatim mustajab, dikabulkan Tuhan. Jadi titip tolong Unwahas ikut didoakan,’’ katanya.

Menurut Mudzakir berbagai pencapaian Unwahas di berbagai ajang kejuaraan nasional maupun internasional menjadi salah satu bukti nyata bahwa keberhasilan telah mampu diraih Unwahas di berbagai bidang. Keberhasilan tersebut tidak hanya dari bidang akademik tetapi telah mampu mengembangkan berbagai keberhasilan di bidang non akademik. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan secara progresif dari tahun ke tahun tidak lain adalah untuk mewujudkan berbagai program yang telah direncanakan baik dari jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

‘’Berdasarkan pencapaian yang telah dilampaui selama satu tahun terakhir yakni dari periode Juli 2021-Juni 2022 dapat dilihat perkembangan dari berbagai bidang kemajuan. Di antaranya dari prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa dan tenaga pendidik. Prestasi yang telah diraih dapat dilihat dari berbagai bidang, baik dari bidang akademik maupun non akademik serta meliputi berbagai kejuaraan nasional hingga internasional telah dapat diraih dengan baik,’’ katanya.

Selain itu hal yang tidak kalah penting bagi pengembangan institusi adalah pencapaian jalinan kerjasama untuk mengembangkan Perguruan Tinggi menjadi semakin berkualitas. Jalinan kerja sama yang tercatat selama satu tahun terakhir ini dapat diwujudkan dari berbagai pihak baik di dalam negeri maupun luar negeri dan dengan berbagai program kerjasama yang telah dilakukan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *