Survei ICRC: Anies Baswedan Kantongi 76 Persen Kepuasan Masyarakat Saat Pimpin Jakarta

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) melakukan survei kepuasan terhadap kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hasilnya, sebanyak 76 persen responden mengaku puas dengan kinerja Anies memimpin Jakarta selama hampir satu periode.

“Temuan ICRC mendapati bahwa selama 5 Tahun memimpin DKI Jakarta, mayoritas masyarakat puas atas kinerja Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta sebesar 76,9 persen,” kata Hadi Suprapto Rusli, Direktur Eksekutif Ide Cipta Research & Consulting (ICRC) dalam keterangan pers diterima, Ahad (21/8/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hadi menjelaskan, berdasarkan temuan surveinya, alasan masyarakat puas terhadap Anies didukung oleh sejumlah faktor. Pertama, faktor kinerja (26,5 persen), kerapihan tata kota (12,6 persen), pemimpin yang pintar (10,4 persen), keramahan dalam memimpin (9,7 persen), hasil kerja terbukti (8,1 persen), pembangunan JIS (5,8 persen), penanganan banjir (59,5 persen).

Namun Hadi menyatakan, tidak semua responden mengaku puas dengan kinerja Anies. Salah satunya soal penanganan banjir. Sebanyak 29,3 persen responden menyebut Anies tidak berhasil menangani banjir di Jakarta.

Sementara responden yang mengungkapkan tidak tahu/tidak menjawab dalam survei ini sebesar 11,1 persen.

“Jika Presiden Jokowi pernah menjabat sebagai Gubenur DKI sebentar dapat membawa bukti realisasi pembangunan infrastruktur yang baik. Anies Baswedan pun memiliki kesempatan yang lebih potensial memberikan dampak lebih signifikan jika dirinya mendapuk jabatan kepemimpinan yang lebih tinggi di kemudian hari,” tambah Hadi, dilansir Liputan6.

Sebagai informasi, survei ICRC dilaksakan 20-30 Juli 2022. Metode yang digunakan adalah Stratified random sampling dengan 800 responden dengan Margin of errorsebesar ± 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via telepon oleh call center dengan menggunakan kuesioner.

Diketahui, responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *