Waspada! Tidak hanya Bikin Ginjal Rusak, 6 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Cuci Darah Seumur Hidup

Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Cuci Darah
Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Cuci Darah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Ginjal adalah salah satu organ vital yang sangat penting bagi tubuh manusia. Jika ginjal rusak maka bukan hanya mengonsumsi obat-obatan namun dapat berujung cuci darah seumur hidup.

Oleh sebab itu agar ginjal terjaga kesehatannya dan tidak harus membuat kita cuci darah seumur hidup ada baiknya hindari beberapa kebiasaan yang dapat merusak organ ginjal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak ginjal ini sering tidak sadar dilakukan, sehingga memperparah kerja ginjal dan dapat mengakibatkan kita cuci darah seumur hidup.

Dilansir dari kanal YouTube Emasuperr pada Kamis 25 Agustus 2022, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal dan bisa membuat kita cuci darah seumur hidup:

1. Mengonsumsi minuman berenergi

Dokter Ema mengatakan jika sering mengonsumsi minuman berenergi maka akan membuat ginjal cepat rusak.

Jika ginjal rusak bukan tidak mungkin harus membuat penderitanya cuci darah seumur hidupnya.

Minuman berenergi menurut dr. Ema mengandung banyak sekali zat-zat kimia seperti kafein, taurin, soda, hingga kadar gula yang cukup tinggi. Dengan kanduan tersebut akan memberatkan kerja ginjal.

2. Asupan tinggi gula

Selanjutnya kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula juga dapat merusak ginjal.

Ini dikarenakan makanan dan minuman yang tinggi gula bisa membuat ginjal bekerja lebih keras, sehingga dapat merusak ginjal.

“Kelebihan gula yang terus menerus dapat menyebabkan kerusakan ginjal,” jelas dr. Ema,

3. Tinggi garam atau natrium

Bukan hanya makanan yang manis, jenis makanan yang asin juga dapat membuat ginjal menjadi rusak.

Hal ini dikarenakan jenis makanan yang asin mengandung natrium yang tinggi.

Natrium yang tinggi dapat membuat elektrolit pada tubuh menjadi tidak seimbang sehingga menyebabkan ginjal bekerja lebih ekstra.

4. Duduk terlalu lama

Kebiasaan duduk terlalu lama juga menurut dr. Ema dapat merusak ginjal. Kebiasaan duduk lama sekitar 7-10 jam per hari akan menurunkan metabolisme glukosa.

Duduk terlalu lama juga bisa membuat ginjal tertekan hingga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

“Jika sering bekerja lama dalam posisi duduk diusahakan untuk meningkatkan olahraga, setidaknya 2-3 kali perminggu minimal 30 menit,” sambung dr. Ema.

5. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Walaupun obat nyeri dapat membantu menghilangkan rasa sakit, ternyata jenis obat tersebut memiliki efek tidak baik bagi ginjal.

“Efek dari obat tersebut bisa menyebabkan retensi cairan, tekanan darah, dan membuat ginjal bekerja lebih ekstra untuk menyaring zat-zat tersebut,” tambah dr. Ema.

6. Kebiasaan kurang minum

Walau terdengar sepele, kebiasaan minum dapat membuat ginjal kita menjadi rusak. Ini karena kekurangan cairan akan membuat penurunan fungsi ginjal.

Karena fungsi ginjal sendiri adalah I menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Oleh sebab itu jika kekurangan cairan dapat memperberat kerja ginjal.***

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *