Hasil Survei: Masyarakat Indonesia Lebih Optimistis Secara Ekonomi Ketimbang di ASEAN

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Perusahaan riset Ipsos pada Jumat mengumumkan hasil survei “SEA Ahead Wave” gelombang keenam yang menemukan 77 persen masyarakat Indonesia optimistis ekonomi indonesia akan semakin kuat, lebih tinggi dari rata-rata responden Asia Tenggara (54 persen).

Responden Indonesia juga mengakui lebih sering (59 persen) berbelanja online dibandingkan dengan enam bulan lalu. E-commerce adalah saluran belanja online paling banyak digunakan konsumen, dibandingkan melalui media sosial, aplikasi transportasi, maupun situs resmi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berdasarkan survei itu, 71 persen masyarakat Asia Tenggara mengakui situasi covid-19 di negara mereka sudah terkendali dan percaya pandemi telah menjadi endemi. Kendati demikian, dalam laporan yang sama terlihat masalah keuangan personal (22 persen) dan inflasi (21 persen) menjadi kekhawatiran terbesar masyarakat Asia Tenggara.

“Meskipun inflasi dan ekonomi global yang tak menentu, tetapi dari hasil kedua survei yang dilakukan Ipsos, baik SEA Ahead maupun Global Advisor, keduanya secara konsisten menunjukkan adanya sentimen positif masyarakat terhadap iklim ekonomi nasional saat ini dan ke depannya,” ujar Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan, dikutip dari Antara, Jumat, 2 September 2022.

“Tingginya optimisme masyarakat ini sangat berpengaruh terhadap pemulihan ekonomi dan konsumsi masyarakat itu sendiri,” ujar Soeprapto Tan.

SEA Ahead merupakan rangkaian survei Ipsos untuk memahami perkembangan opini dan perilaku konsumsi masyarakat di Asia Tenggara selama pandemi. Survei gelombang keenam itu diadakan secara online, melibatkan 3.000 responden untuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina, selama Mei dan Juni 2022

Sedangkan Ipsos “Global Advisor-What Worries The World” merupakan survei berskala global, mencakup 28 negara di dunia, termasuk Indonesia, yang melibatkan 19.508 responden selama Juli dan Agustus 2022.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *