Haedar Nashir Ungkap 3 Masalah yang Potensial Mengancam Bangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir dalam acara Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah di UMM, Senin (5/9/2022)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir MSi mengatakan ada beberapa masalah potensial yang akan mengancam kehidupan bangsa.

Hal tersebut dia sampaikan pada acara Konsolidasi Kebangsaan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). Kegiatan tersebut digelar secara luring di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dilansir pwmu.co, Senin (5/9/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pertama adalah pembelahan politik dan ideologi. Dari pemilu ke pemilu seharusnya dapat mendewasakan masyarakat agar tidak terjadi berpecahan. Namun fakta di lapangan menunjukan bahwa pemilu selalu melahirkan perpecahan baru.

Kedua, ada golongan orang yang menginginkan kekuasaan. Dalam hal ini, pembangkitan primordialisme atau keinginan menjunjung tinggi ikatan sosial sangat dibutuhkan.

“Terakhir adalah bias dalam memproyeksikan ideologi kebangsaan. Beberapa kelompok kecil masyarakat yang tidak puas akan sistem kebangsaan mencoba untuk membuat idealisme sendiri dengan menggunakan Islam sebagai landasannya,” tegasnya.

Hal itu, menurut Haedar, bisa menjadi sebuah ancaman bagi ideologi bangsa dan melahirkan suatu perpecahan. Pemahaman terhadap konsep Pancasila harus benar-benar ditanamkan.

Warga Inklusif

Dalam kegiatan tersebut, Haedar juga berpesan pada AMM agar bergaul dengan berbagai macam orang yang berbeda. Hal ini akan membuka pandangan-pandangan baru yang belum pernah mereka temui. Selain itu, para kaum muda juga harus cepat tanggap terhadap perkembangan iptek dan teknologi terbaru. Hal ini akan menjadi instrumen penting dalam kemajuan Muhammadiyah kedepannya.

“Jangan menjadi orang yang eksklusif, kita harus mejadi orang yang inklusif. Meskipun inklusif, kita juga harus memiliki pendirian yang kokoh dan juga pandangan-pandangan yang berkemajuan. Berkolaborasi dan saling belajar dari kesalahan satu sama lain juga menjadi hal yang penting. Saya Mpercaya, di tangan anak-anak muda, organisasi muhammadiyah dan bangsa akan memperoleh masa yang berkemajuan,” kata Haedar.

Perwakilan AMM, Diyah Puspitarini MPd menjelaskan gelaran ini dilaksanakan untuk menampung gagasan dan sumber pikiran dari para kader muda Muhammadiyah. Hal ini juga akan berguna untuk kemajuan muhammadiyah dan bangsa di masa yang akan datang.

“Dalam agenda ini, saya harap para narasumber dapat memberikan buah pikirannya sehingga mampu mendorong generasi muda Muhammadiyah menghasilkan ide dan inovasi cemerlang serta memberikan jalan keluar bagi persoalan bangsa,” tutur Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah itu.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *