Berani Mengambil Risiko Dalam Ambil Kebijakan, Pengamat Nilai Jokowi Bisa Jadi Panutan

Presiden Joko Widodo (tangkapan layar)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pengamat kebijakan publik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai Presiden Joko Widodo dapat menjadi panutan sosok pemimpin yang berani mengambil kebijakan.

Menurut Emrus, kebijakan yang cukup berani dari Jokowi tercermin saat menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengesahan Perjanjian Flight Information Region (FIR) Indonesia dan Singapura yang berhasil mengambil alih langit Natuna.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dari kesuksesannya, saya kira bisa dijadikan role model (panutan),” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (11/9/2022).

Bahkan, sehari sebelumnya di hadapan para ekonom, Jokowi berani mengambil risiko jika Indonesia harus kalah dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) karena kebijakan larangan ekspor nikel.

Dia menyebut bukan sekali dua kali Jokowi melakukan kebijakan yang berani.

“Kebijakan yang menjadi catatan sejarah adalah berhasil mengakuisisi PT Freeport secara mayoritas. Kebijakan tersebut diakui membawa keuntungan bagi Indonesia,” jelasnya.

Namun, capaian-capaian tersebut belumlah sempurna karena Jokowi masih memiliki 2 tahun masa kepemimpinan.

Menurut Emrus, jika pekerjaan-pekerjaan itu diselesaikan dengan baik, Jokowi bisa menjadi role model bagi pemimpin-pemimpin selanjutnya.

“Akan tetapi, kalau ada di sana-sini kekurangan, yang disentil itu menterinya yang tidak perform,” ujarnya.

Emrus mengakui kegigihan Jokowi bekerja untuk menyejahterakan rakyat Indonesia.

“Kegigihan itu tidak akan berjalan baik jika tidak ada dukungan penuh dari pembantunya, dalam hal ini para menteri dan kepala-kepala daerah,” jelasnya. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *