Panas! Demo Tolak Kenaikan BBM. Massa Sebut Partai-partai Borjuis Perampok Hak Rakyat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Massa dari Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), dan elemen mahasiswa mendatangi kawasan Patung Kuda, Monas, untuk berdemo menyuarakan penolakan kenaikan tarif Bahan Bakar Minyak (BBM), Selasa (13/9/2022).

Mereka mendesak pemerintah untuk membatalkan kenaikan BBM, menurunkan harga bahan pokok, dan mencabut Omnibus Law UU Ciptaker.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam orasi, massa buruh menyebutkan partai-partai yang kini duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) merupakan partai borjuis yang telah merampok hak rakyat.

“Partai Gerindra, partai Nasdem, partai Hanura partai PKB adalah partai borjuis yang bertugas merampok buruh, merampok rakyat,” ujar seorang orator yang disambut sorakan oleh massa lainnya.

Dalam orasi lanjutannya ia juga mengatakan dengan lantang untuk jangan pernah percaya dengan janji-janji yang dilontarkan oleh partai politik.

“Maka hanya satu kata, jangan percaya janji-janji politik yang digunakan oleh partai borjuis yg hari ini sedang merampok negeri ini,” ucapnya.

Ada 10 tuntutan yang dibawa oleh para massa demo kali ini.

Pertama meminta pemerintah menurunkan harga BBM dan bahan pokok. Kedua, menolak upah murah dan meminta berlakukan upah yang layak secara nasional.

Ketiga meminta hapuskan sistem kerja kontrak dan outsourching. Keempat, meminta tindakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga union bosting dihentikan.

Kelima meminta melaksanakan hak buruh perempuan dan melindungi buruh migran Indonesia.

Keenam adalah meminta jaminan sosial, bukan asuransi sosial.

Ketujuh, meminta tangkap dan adili serta penjarakan pengusaha nakal. Kedelapan, meminta pendidikan dan kesehatan gratis bagi rakyat.

Kesembilan tolak privatisasi dan membangun industri nasional. Kesepuluh, adalah Tanah Air kesejahteraan rakyat.

Sebelumnya, massa melakukan long march dari Jalan MH. Thamrin menuju kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022). (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *