Kenang Prof Azyumardi Azra, Ace Hasan: Pikiran dan Pandangannya Cerdas Kritis

Kenang Prof Azyumardi Azra
Kenang Prof Azyumardi Azra
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ketua Umum Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Jakarta Ace Hasan Syadzily mengaku sangat kehilangan sosok Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

Hajinews.id Ketua Umum Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Jakarta Ace Hasan Syadzily mengaku sangat kehilangan sosok Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Saya amat kehilangan tokoh bangsa dan guru bangsa yang selalu saya ikuti pikiran dan pandangannya yang cerdas dan kritis,” ungkap politikus Partai Golkar itu kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Selain itu, Ace juga merasa dibesarkan secara intelektual dalam bimbingan Prof Azra. Sebab, hingga saat ini beliau selalu memberikan masukan terkait langkah dan jalan politik yang telah ambil.

“Beliau guru saya dan pembimbing saya sewaktu menjadi aktivis mahasiswa,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Ace, pemikiran keagamaan, politik, kebangsaan dan sosialnya sangat konstruktif dalam konteks ke-Indonesia-an.

“Beliau termasuk di antara pembaharu Islam di Indonesia masa kini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Prof Azra mengawali pendidikan tingginya di Institut Agama Islam negeri (IAIN) Jakarta tahun 1982. Ditahun 1988 ia mendapatkan gelar Master of Art (MA) dari Columbia University berkat bantuan beasiswa Fulbright.

Berhasil memenangkan beasiswa Columbia President Fellowship dari kampus yang sama, tetapi kali ini Azyumardi pindah ke Departemen Sejarah, dan memperoleh gelar MA pada tahun 1989. []

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *