Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dalam Kenangan Jusuf Kalla

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Banyak tokoh ikut berduka atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022). Satu di antaranya adalah Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla Yang juga Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

Tokoh yang kerap ditulis dengan singkatan JK itu mengenang Azyumardi Azra sebagai sosok yang banyak berjasa bagi bangsa dan umat bahkan dunia internasional.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

JK juga mengungkapkan selama dua kali menjabat Wakil Presiden RI, Azyumardi Azra, pernah mendampinginya sebagai Deputi Politik dan Staf Khusus.

“Innalillahi wa Innailaihi rajiun, dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Professor Azyumardi Azra,” tulis JK melalui rilisnya yang diterima tribunmanado.co.id, Minggu *(18/9/2022) malam.

“Di samping sebagai professor beliau juga pernah menjadi Deputi dan Staf Khusus selama 10 tahun saya menjadi wapres. Begitu banyak jasa beliau kepada kita semua, pada umat, kepada bangsa dan dunia internasional,” ucap JK di kediamannya di Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu 18 September 2022.

Lebih lanjut JK juga mengenang mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah terserbut merupakan salah satu sosok yang sangat di dihormati di kalangan intelektual dunia, dengan segala keilmuan yang dimilikinya.

Untuk itu menurut JK Azyumardi Azra adalah orang Indonesia pertama yang mendapat gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) atau Sir dari kerajaan Inggris karena menghormati keilmuan yang dimiliki almarhum.

“Beliau orang pertama dan mungkin merupakan satu-satunya orang Indonesia yang mendapat gelar Lord atau Sir dan juga mempunyai keilmuan yang sangat dihormati di kalangan intelektual di dunia ini”.

Mengakhiri ucapan belasungkawanya, JK secara pribadi dan mewakili keluarga serta Dewan Masjid Indonesia atau DMI, turut mendoakan agar arwah almarhum mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah SWT.

“Oleh karena itu saya pribadi dan keluarga serta Dewan Masjid menyampaikan ucapan belasungkawa, dengan doa semoga arwah beliu mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah SWT,” kata JK.

Sebelumnya, pada Jumat 16/9), Azyumardi Azra sempat dibawa ke Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Tak lama setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (16/9). Azyumardi dibawa ke rumah sakit setelah mengalami gangguan kesehatan.

Azyumardi Azra juga dikabarkan mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat hingga menghembuskan napas terakhir Minggu siang 18 September 2022.

Prof Dr H Azyumardi Azra MPhil MA CBE adalah akademisi kelahiran 4 Maret 1955.

Ia dikenal sebagai sejarawan dan cendekiawan muslim Indonesia.

Azyumardi Azra memulai karier pendidikan tingginya sebagai mahasiswa sarjana di Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1982.

Gelar Master of Philosophy (MPhil) dan Doctor of Philosophy diraih dari Universitas Columbia.

Kemudian menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta antara 1998 hingga 2006.

pada 2010, Azyumardi Azra pernah memperoleh gelar kehormatan Commander of the Order of British Empire dari Kerajaan Inggris dan menjadi ‘Sir’ pertama dari Indonesia.

Lalu pada 2022, Azyumardi Azra terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Semasa mahasiswa hingga beberapa tahun meraih gelar sarjana, Azyumardi Azra pernah bergelut sebagai menjadi wartawan Panji Masyarakat (1979-1985).

Azyumardi Azra menikah dengan Ipah Farihah dan dikaruniai 4 anak yakni Raushanfikri Usada, Firman El-Amny Azra, Muhammad Subhan Azra, dan Emily Sakina Azra.

Puluhan buku karya Azyumardi Azra telah diterbitkan.

Satu di antaranya adalah buku berjudul Renaisans Islam di Asia Tenggara.

Buku ini berhasil memenangkan penghargaan nasional sebagai buku terbaik – untuk kategori ilmu-ilmu sosial dan humaniora pada tahun 1999.

Saking produktifnya menulis, Penerbit Mizan di Bandung memberi Azyumardi Azra penghargaan sebagai Penulis Paling Produktif pada 2002. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *