Waduh! Bahlil Kembali Bicara Penundaan Pemilu, Singgung Perubahan Konstitusi

Menteri Bahlil kembali singgung peluang penundaan pemilu 2024. (Yudhi Mahatma)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Menteri Investasi Bahlil Lahadalia kembali menyinggung wacana penundaan Pemilu 2024 hingga penambahan jabatan Presiden Joko Widodo 3 periode. Wacana ini ia ungkapkan dalam acara Malam Puncak HUT ke-56 KAHMI.

Mulanya, ia menyinggung keberadaan pengamat politik pencetus ide Jokowi 3 periode Muhammad Qodari yang ikut hadir dalam acara tersebut. Kemudian di pengunjung pidatonya, Bahlil menyebutkan bahwa demokrasi terus bergerak dinamis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Bahlil, kalau ada pihak diizinkan untuk meminta Pemilu tak ditunda, maka wacana penundaan Pemilu pun harusnya diperbolehkan.

Menurut Bahlil, kalau ada pihak diizinkan untuk meminta Pemilu tak ditunda, maka wacana penundaan Pemilu pun harusnya diperbolehkan.

“Menyangkut tadi ada pesan dari Bang Qodari, bahwa kalau kita bicara demokrasi itu kan dinamis, ini pesannya Bang Qodari, kalau ada yang meminta untuk pemilu tetap [berjalan], boleh dong kalau ada wacana pemilu juga ditunda. Itu kata Bang Qodari,” papar Bahlil dikutip dari Youtube KAHMI Nasional, Selasa (20/9).

Ia menilai sebaiknya wacana itu diserahkan seutuhnya kepada publik. Bahlil menyebut jika Pemilu berjalan sesuai rencana ataupun ditunda tak bermasalah.

“Tapi saya pikir bahwa kita harus mengacu konstitusi, selama konstitusi kita begitu jangan kita buat gerakan tambahan. Terkecuali konstitusi berubah baru kita melakukan gerakan tambahan,” katanya.

Sementara itu, ia juga berkelakar terkait melanjutkan pemerintahan Jokowi 3 periode. Kelakar ini pun ia sampaikan secara implisit.

“Ini bukan agitasi ya, tapi kalau kalian setuju bisa kita lanjutkan. Bukan lanjutkan yang lain, lanjutkan program maksudnya. Soalnya di sini ada Bang Qodari, pelopor 3 periode ada di sini,” ucap Bahlil.

Seperti diketahui, Bahlil bukan pertama kali mengeluarkan wacana penundaan Pemilu di depan publik. Pada awal tahun lalu, ia mengaku jika dunia usaha setuju Pemilihan Presiden (Pilpres) diundur dari 2024.

Bahlil juga pernah mengajak para partisipan acara HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ke-50 meneriakkan yel-yel ‘lanjutkan’. Dalam acara tersebut Jokowi turut Hadir. Bahlil di Hipmi menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina.

Jokowi langsung merespons dan mengatakan teriakan-teriakan itu bisa berimbas dirinya didemo.

“Tadi banyak yang sampaikan ‘lanjutkan, lanjutkan’. Hati-hati ini tahun politik. Bapak ibu yang sampaikan lanjutkan, lanjutkan. Saya yang didemo,” kata Jokowi yang disambut tawa dan tepuk tangan oleh para peserta yang hadir.

Namun Jokowi tak mempermasalahkan teriakan-teriakan tersebut. Ia hanya mengingatkan, konstitusi sudah mengatur jelas soal masa jabatan presiden.

“Silakan namanya tataran wacana. Tetapi konstitusi kita itu jelas ya,” kata Jokowi.(CNNIndonesia)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *