Fakultas Teknik Unwahas Berikan Pelatihan Elearning

Fakultas Teknik Unwahas Berikan Pelatihan Elearning
Fakultas Teknik Unwahas Berikan Pelatihan Elearning
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



KUDUS, Hajinews.id – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), mengadakan pelatihan dan pendampingan pengelolaan elearning bagi guru SMK NU AlHidayah Kudus, belum lama ini.

Ketua Program Studi Teknik Informatika, Fandy Indra Pratama SKom MKom menjelaskan, kegiatan itu merupakan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian pada masyarakat. Diikuti 23 peserta para guru SMK NU AlHidayah, Kudus.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam sambutannya, Fandy mengharapkan, pengabdian pada masyarakat bisa ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan dan kerja sama lanjutan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Tim Pengabdian Fakultas Teknik yang terdiri dari Arief Hidayat SKom MKom, Agung Nugroho ST MT, dan Safa’ah Nurfa’izin ST MT serta dibantu oleh mahasiswa memberikan pelatihan dan pendampingan sehari penuh.

Ketua Pelaksana, Arief Hidayat menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pembelajaran pascapandemi melalui inovasi dalam pemanfaatan Learning Management System (LMS) berbasis open source. Salah satu inovasi tersebut yaitu membuat kelas mata pelajaran, menambahkan siswa, materi, tugas, dan quiz sampai penilaian secara online. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola elearning sebagai suplemen pembelajaran di kelas. Selain itu disediakan bentuk pendampingan dalam bentuk layanan konsultasi dan bimbingan teknis selama penerapannya.

Antusias

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan SMK NU AlHidayah Kudus selama sehari penuh. Guru yang belum pernah menggunakan atau mengetahui mengenai LMS dapat dengan mudah mengelola kelas, siswa, materi, tugas, quiz sampai penilaian secara online. Keterlibatan pemateri dan asisten dalam setiap sesi sangat membantu guru untuk berlatih mengelola elearning. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan berharap pelatihan ini dapat berkelanjutan.

FOTO BERSAMA : Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang berfoto bersama Mitra Pengabdian Masyarakat SMK NU AlHidayah Kudus usai pelatihan.

“Mengapa guru harus menguasai pengelolaan ini ? LMS merupakan media yang paling banyak digunakan untuk membantu proses pembelajaran. LMS memiliki beberapa kelebihan yaitu bisa diakses setiap saat mengikuti waktu luang peserta didik, serta dapat belajar darimana saja sehingga belajar menjadi lebih fleksibel,” kata Fandy Indra Pratama .

Disamping itu, konten yang dapat ditambahkan pada LMS sangat bervariasi meliputi teks, gambar, audio, maupun video sehingga dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Dengan berbagai kelebihan fitur – fitur yang ada, penggunaan LMS sebagai suplemen dalam pembelajaran di kelas telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar.

Dari berbagai hasil penelitian yang telah dilakukan, kombinasi model pembelajaran dengan berbantuan LMS secara efektif juga dapat memperbaiki hasil dan motivasi peserta didik dalam belajar. LMS juga sangat membantu guru dalam mengorganisasikan pembelajaran. Guru dapat melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan lebih mudah dan semua aktivitas pembelajaran terdata dengan baik, ” kata Arief Hidayat.

Setelah selesai pelatihan, peserta guru diberikan kuesioner untuk mengetahui tingkat pemahaman dan penguasaan peserta guru setelah pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pengelolan elearning tersebut. Hasil dari kuesioner yaitu peserta guru SMK NU AlHidayah  Kudus merasakan kegiatan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan menginginkan pelatihan seperti ini akan tetap berlanjut untuk kedepannya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *