Ojo Leren Dadi Wong Apik Kerono Alloh

Ojo Leren Dadi Wong Apik Kerono Alloh
Ojo Leren Dadi Wong Apik Kerono Alloh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Allah dengan tegas telah merumuskan kebaikan dengan firmanNya : “Kebaikan itu bukanlah dengan menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, Hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. 2 : 177).

Menurut riwayat Ar-Rabi’ dan Qatadah, sebab turun (asbabun nuzul) ayat ini yaitu ketika umat Yahudi sembahyang menghadap ke arah Barat, sedang umat Nasrani menghadap ke arah Timur. Masing-masing pemeluk agama mengklaim bahwa hanya agama yang dianutnya paling benar dalam berbakti dan berbuat kebajikan. Sedangkan di luar agamanya dianggap salah dalam berbakti dan berbuat kebajikan, sehingga turunlah ayat ini untuk membantah pendapat dan persangkaan mereka. Intinya kebaikan adalah Islam, bukan agama yang lain. Kebaikan dinilai berdasarkan Islam, bukan karena penilaian penguasa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jadi, dadio wong apik kerono Alloh lan ojo dadi wong apik kerono sak liyane Alloh. Opo-opo sing apik iku ukurane ajarane Allah, dudu seko penilian manungso, opo meneh rezim penguoso. Jogo persatuan iku luweh apik ketimbang pecah belah. Kabeh kudu dilakoni kerono Alloh, ben dadi amal sholeh. Lak yo ngono tho ?

(AhmadSastra,KotaHujan,27/09/22 : 11.50 WIB)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *