Subhanallah! Ini 5 Kalimat Bijak Para Sufi tentang Tuhan

Kalimat Bijak Para Sufi tentang Tuhan
Kalimat Bijak Para Sufi tentang Tuhan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Para Sufi dikenal sebagai orang-orang yang hatinya bersih. Mereka lebih dekat dengan Tuhan dibanding orang lain.

Hajinews.id Dalam agama Islam dikenal dengan adanya orang-orang Sufi, yaitu orang-orang yang hatinya bersih. Mereka disebut sebagai orang-orang yang lebih dekat dengan Tuhan karena tingkatan ibadahnya yang lebih tinggi dibanding dengan orang lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Orang Sufi dikenal juga sebagai orang yang Zuhud, yang selalu memandang kehidupan dengan kacamata akhirat. Kehidupan mereka sarat dengan nilai-nilai spiritual.

Di bawah ini 5 ungkapan para Sufi dalam memandang dan memaknai Tuhan:

  1. Orang yang beriman, melihat dengan cahaya Allah swt. Orang yang arif [mengenal Allah] melihat dengan Allah swt dan kepada Allah SWT. – Sheikh Arsalan Ad-Dimasyqi.
  2. Kalau kamu datang [kepadaNya] tanpa diri kamu, maka Dia akan menerimamu. Jika kamu datang [kepada-Nya] dengan diri kamu (merasa ada dengan dirimu), maka Dia akan menghijabmu [daripada-Nya]. – Sheikh Arsalan Ad-Dimasyqi.
  3. Jika kamu mengenali-Nya, maka kamu akan tenang. Jika kamu jahil tentang-Nya, maka kamu akan berbolak-balik [tidak tenteram]. Sesungguhnya, yang dikehendaki-Nya, bahawasanya hanya Dialah yang wujud, bukan kamu yang [merasakan dirimu juga] wujud. – Sheikh Arsalan Ad-Dimasyqi.
  4. Makhluk itu hijab [tabir]. Diri kamu sendiri ialah hijab, sedangkan Allah swt itu tidak pernah dihijab, sedang Dia menghijab daripada kamu dengan dirimu sendiri, dan kamu dihijab daripada diri kamu sendiri dengan mereka [makhluk]. Maka, berpisahlah daripada diri kamu, maka kamu akan menyaksikan(kewujudan)-Nya. – Sheikh Arsalan Ad-Dimasyqi.
  5. Ada dua kebaikan yang tidak dapat dirusak oleh dosa & keburukan apapun:  Ridha pada Ketentuan Allah & Memaafkan kesalahan hambaNYA. – Imam Syadzuli RA.

Selain 5 kalam Sufi di atas, di bawah ini juga terdapat kalam Sufi asal Indonesia yang namanya cukup terkenal di telinga masyarakat. Beliau pernah mengatakan demikian: Tanda orang yang telah dipilih Allah untuk menjadi lebih baik adalah dia baik sangka kepada seluruh makhluk Allah dan buruk sangka kepada dirinya sendiri. – Kalam Abah Guru Sekumpul.

Demikian Kalam para Sufi terkait Tuhan. Semoga beanfaat bagi kita semua. Dan semoga kita bisa meniru apa yang telah mereka lakukan dalam hidup yang fana ini. Amin.[]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *