Humor Gus Dur: KKN Penghuni Neraka yang Rugikan Penghuni Surga

KKN Penghuni Neraka yang Rugikan Penghuni Surga
Gus Dur: Foto: ilustrasi/Hajinews.id
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur selalu melontarkan humor atau guyonan segar. Humor ini biasanya untuk memecah ketegangan yang terjadi.

Salah satunya adalah kisah yang diambil dari buku Gus Dur berjudul ‘Kisah-Kisah Jenaka dan Pesan-Pesan Keberagaman’.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dilansir NU Online, menurut buku itu, Zaman Orde Baru yang identik dengan istilah KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme) di kalangan pejabat menjadi momok di tengah pembangunan negara. Sebagai salah satu tokoh masyarakat, Gus Dur gencar memberikan kritikan melalui cara khasnya.

Gus Dur mengatakan, suatu hari, penghuni neraka dan penghuni surga dari kluster Indonesia bermusyawarah. Mereka bersepakat ingin membangun sebuah jembatan yang menghubungkan antara surga dan neraka. Tujuannya supaya mereka bisa bersilaturahim. Penghuni neraka bergerak cepat menyusun panitia. Mereka juga yang merancang konsep proyeknya.

Lain lagi dengan penghuni surga yang terkesan lamban. Konsep rancangannya pun belum dibuat. Melihat itu, penghuni neraka kesal. “Jembatan kami sudah selesai, kalian kok belum melakukan apa-apa!?” ujar perwakilan penghuni neraka.

“Lah, bagaimana kami mengerjakan pembangunan jembatan? Wong pimpinan proyek, pemborong sampai menteri-menterinya di neraka semua,” ujar salah satu penghuni surga membalas protes para penghuni neraka.

Sejarah pun membuktikan. Ketika Gus Dur menjabat, tak ada sama sekali permainan uang di istana. Keluarga dan lingkaran dalamnya tidak ada yang main-main proyek atau jual jabatan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *