Jokowi Ingin Segerakan Kereta Cepat Jadi Penghubung ASEAN, Indef: Mimpi Terlalu Tinggi

Kereta Cepat Jadi Penghubung ASEAN
Jokowi dan kereta cepat. Foto: istimewa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad menilai mimpi Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjadikan kereta cepat sebagai simpul konektivitas antar-negara di ASEAN terlalu tinggi. Dia pun menyinggung angan-angan lama Indonesia yang akan membangun jalur darat yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

“Jangan kan kereta, jalur darat ke Sumatera kan dibatalkan oleh Presiden Jokowi, Jembatan Selat Sunda itu, boro-boro kereta,” ujar dia melalui sambungan telepon pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut dia, untuk menguhubungkan kereta ke negara-negara ASEAN, pemerintah harus membangun jalur lintasan kereta. Misalnya, kereta ke arah Bangka Belitung, lalu Bangka Belitung ke Batam, dan Batam ke Singapura, baru ke negara lain.

“Memang ada rencana? Menurut saya terlalu jauh,” katanya.

Kalau sekadar terkoneksi, Tauhid berujar, angkutan pesawat pun dapat menghubungkan negara-negara di ASEAN. Angkutan itu juga sudah terintegrasi dengan multimoda seperti kereta dan bus.

“Tapi kalau kereta yang sesama kereta menurut saya masih enggak mungkinlah. Kita Jembatan Selat Sunda saja dibatalkan, padahal itu memang bisa buat kereta,” tutur Tauhid. “Itu terlalu jauh.”

Sebelumnya, Jokowi mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara atau ASEAN. Jokowi berharap KCJB akan mengkoneksikan jalur antar-negara, entah disambungkan dengan pelabuhan, airport, atau mungkin dengan kereta cepat.

“Itu sudah menjadi gagasan besar di ASEAN agar konektivitas antar negara-negara ASEAN ini tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka daya saing ASEAN,” ucap Jokowi.

Kepala negara mengakui dirinya mendapatkan keterangan perkembangan pembangunan KCJB sudah mencapai 88,8 persen secara keseluruhan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkap kendala dalam proyek pembangunan. Salah satunya saat membangun terowongan di Tunel 2 dan Tunel 11 yang sempat mengalami masalah karena tanahnya sulit dikendalikan.

“Tetapi Alhamdulillah sekarang sudah selesai,” ucap Jokowi. “Dan jika tak ada aral melintang, kereta cepat Jakarta-Bandung akan selesai dalam waktu tak lama lagi dan mulai beroperasi bulan Juni 2023.” [tempo]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *