Hikmah Malam: Riba Membunuhmu

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Riba merupakan dosa besar yg sangat membahayakan. Di antara bahayanya, ia dapat memusnahkan harta pelakunya. Lalu bagaimanakah cara Allah memusnahkan harta riba? Berikut ini penjelasan singkatnya. Semoga bermanfaat.

أنواع محق الله للربا

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Macam2 Cara Allah Memusnahkan Riba

للشيخ أ.د سليمان الرحيلي.

Oleh Syaikh Prof. Sulaiman ar-Ruhaili hafizhahullah

قال ابن عباس رضي الله عنهما في معنى قوله تعالى ﴿يمحق الله الربا﴾ قال:
لايقبل منه صدقة ولا جهاداً ولا حجاً ولا صلةً، أي بمال الربا .

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, ketika menafsirkan firman Allah ta’ala “Allah memusnahkan riba”: Allah tidak menerima sedekah, jihad, haji dan silaturahim darinya, yakni yg dilakukan- dengan harta riba.

فالمحق أنواع:

Kemusnahan -riba- bermacam-macam:

النوع الأول: المحق الحسِّي للمال.

كأن يسلط الله على مالهِ ما يُفنيه، مثل أن يسلط عليه مرضاً،  فيُصرف هذا المال في التداوي، أو يُمرِض أهلهُ أو يُسلط عليه من يسرقه، أو من ينصب عليه، أو نحو ذلك وهذه عقوبة حسية.

Pertama: Kemusnahan harta secara kongkrit/tampak.

Seperti Allah menguasakan sesuatu yg dapat memusnahkan hartanya. Contohnya: Allah memberinya penyakit, lalu ia menghabiskan hartanya untuk berobat, atau Allah menjadikan keluarganya yang sakit, atau menakdirkan seorang mencuri atau menggelapkan hartanya, atau perbuatan semacamnya. Ini merupakan hukuman secara kongkrit/tampak.

النوع الثاني: المحق المعنوي للمال. بأن يجعل المرابي يرى نفسه فقيرا.

يزرع الله في قلبه البخل، فيجعل فقره بين عينيه، فيكون المال عنده كثيراً ولكنه يرى نفسه فقيراً، ومهما امتلأت الخزائن اشتد فقره في نفسه فلا يسعد بالمال، بل كلما كثر هذا المال زاد همه ولاينتفع به ولا ينفع به ولا يرتاح حتى يموت، وهذا محق معنوي. وقد قال أهل العلم: هذا أشد فقراً من الفقير، لأن الفقير ما عنده، لكن هذا عنده ولا ينتفع ولا يسعد ولا يستفيد.

Kedua: Kemusnahan harta secara maknawi. Seperti Allah menjadikan pelaku riba itu merasa dirinya selalu kekurangan.

Allah menanamkan di hatinya sifat bakhil, menjadikan kekurangan selalu di depan matanya. Sebenarnya hartanya melimpah, namun ia merasa dirinya selalu kekurangan. Sebanyak apapun perbendaharaan hartanya, rasa kekurangannya dalam dirinya semakin besar. Sehingga ia merasa tidak bahagia dgn harta itu. Bahkan, semakin banyak hartanya, semakin besar pula kegundahannya. Ia merasa tidak bisa mengambil manfaat dari harta itu dan harta itu tdk pula memberinya manfaat. Ia pun tdk merasa nyaman dengannya sampai meninggal dunia. Inilah kemusnahan secara maknawi. Para ulama berkata: Hal ini lebih parah dari pada kondisi orang fakir. Sebab orang fakir tidak punya apa-apa. Sedangkan dirinya punya apa-apa. Tapi ia tidak bisa mengambil manfaat dari hartanya, tidak merasa bahagia dan tdk dapat mengambil faedah darinya.

والنوع الثالث: المحق المعنوي للمال بإذهاب بركته:

بمحق البركة فلا تكون فيه بركة، ويبقى شره، لأن كل مال يكسبه الإنسان فيه شر تذهبه الزكاة والصدقة إلا الربا فإنه لا بركة فيه، ولا يذهب شره فيبقى شره ولا تناله بركة فيتمحض شراً على صاحبه.

Ketiga: Kemusnahaan harta secara maknawi dengan dicabut keberkahannya.

Yaitu dengan dimusnahkan keberkahannya, sehingga hartanya tidak berkah, dan yg tersisa adalah keburukannya. Sebab setiap harta yg dihasilkan seseorang ada keburukan padanya, yg dapat dihilangkan dengan zakat dan sedekah, kecuali riba. Riba tidak ada keberkahan padanya, dan tidak akan hilang keburukannya, akan terus ada keburukan tersebut, dan tidak dapat diambil keberkahannya. Sehingga murni berbuah keburukan bagi pelakunya.

النوع الرابع: المحق المعنوي بمنع صاحبه أن ينفقه في الخير.

بأن لا ينفق منه صاحبه في الخير، ينفق على نفسه وعلى أسرته في لذائذ الدنيا ولكنه لا ينفق في الخير.

Keempat: Kemusnahan maknawi yang dapat mencegah pelakunya menggunakan harta itu untuk kebaikan.

Pelakunya tidak dapat menggunakan harta itu untuk kebaikan. Ia membelanjakan harta itu untuk diri dan keluarganya untuk meraih kelezatan dunia, namun ia tidak menggunakannya untuk kebaikan.

[المصدر: ضوابط الربا للشيخ سليمان الرحيلي (حفظه الله) صـ ٢٦ ، ٢٧ ]

Sumber: Kitab Dhawabith ar-Riba karya Syaikh Sulaiman ar-Ruhaili hafizhahullah

Repost

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *