2024 Jateng Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional

2024 Jateng Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional
FOTO BERSAMA: Wagub Taj Yasin Maimoen yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng Wahid Arbani dan anggota DPRD foto bersama dengan kafilah Jateng di Masjid Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional IV, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



BANJARBARU, Hajinews.id – Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Saadi, Selasa malam (18/10) Waktu Indonesia Tengah menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX di Astaka Utama, Kiram Park, Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Perhelatan dua tahunan itu merupakan kali pertama diselenggarakan sejak pandemi Covid-19. MTQ Nasional dibuka Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Rabu (12/10). Provinsi Jawa Tengah menempatkan tiga finalis yaitu Ilyas Saputra cabang tartil putra, Muhammad Mas’ud cabang

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Qiraat Mujawwad Dewasa putra dan Risa Raudlotul Jannah cabang Kaligrafi Hiasan Mushaf Putri. Selain tiga finalis

Jateng mendapatkan dua juara harapan yaitu cabang Tafsir Indonesia putru Siti Mas’udah dan cabang Kaligrafi Kontemporer putra Umar Faruq.

‘’Kami mohon maaf sudah berusaha maksimal dengan berbagai ikhtiar. Dengan perolehan juara tersebut Jawa Tengah berada di peringkat 10 besar se-Indonesia,’’ kata Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jateng selaku Sekretaris Umum LPTQ Jateng, M. Afief Mundzir, semalam. Peringkat sepuluh besar berturut-turut Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan,  Jawa Barat, Sumbar, Sumut, Kepri, Aceh, Sumsel dan Jambi.

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen saat brtemu dengan kafilah Jawa Tengah di Masjid Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional IV, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada qari-qariah, hafidz-hafidzah, mufasir-mufasirah yang telah berusaha menjadi terbaik di MTQ Nasional. ‘’Nanti kita evaluasi  kembali agar ke depan Jateng bisa lebih baik lagi peringkatnya baik MTQ maupun STQ,’’ kata Gus Yasin.

Wagub menjelaskan, Provinsi Jateng pada 2024 siap menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional. ‘’Ada waktu dua tahun untuk menyiapkan segalanya sampai 2024,’’ katanya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng Zen Adv mengatakan, dalam musaqabah kemenangan dan juara bukan menjadi tujuan utama. Penyebarluasan nilai-nilai dan ajaran Al-Qur’an yang utama menjadi tujuan MTQ dan STQ di setiap tingkatan. Selain itu ajang silaturahmi para qari-qariah, hafidz-hafidzah dan mufasir-mufasirah se-Indonesia. ‘’Kami sampai syukur dan terima kasih atas capaian peringkat 10 dalam MTQ XXIX di Kalimantan Selatan,’’ kata Zen.

Hadir pada kesempatan itu Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng Wahid Arbani, Bintal Kesra Jateng Muhammad Yusuf dan Agung, Anggota DPRD Jateng Masrokhan Syamsuri dan Endrianingsih. Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji dan lain-lain. [agus]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *