Kisah Inspiratif Pengusaha Muslim: Dulu Tukang Cuci Piring, Kini Punya Harta Rp 164 Triliun

Shahid Khan
Shahid Khan. Foto: instagram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Tidak ada yang tau soal jalan hidup seseorang. Selalu ada cara untuk mencapai kesuksesan. Siapa sangka mantan Tukang cuci piring kini bisa jadi kaya raya. Hal itu terjadi pada seorang pengusaha keturunan Pakistan bernama Shahid Khan.

Per 12 Oktober 2022, Pria berusia 72 tahun ini masuk ke jajaran miliarder dunia urutan ke-160 versi Forbes dengan total kekayaan US$ 10,7 miliar atau sekitar Rp 164 triliun (kurs Rp 15.362).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Shahid Khan lahir 18 Juli 1950 di Lahore, Pakistan. Sejak kecil dirinya memiliki mimpi menjadi seorang arsitek. Untuk mewujudkan mimpinya itu, ia nekat merantau ke Negeri Paman Sam di usia 16 tahun.

Setibanya di Amerika, Shahid bekerja sebagai tukang cuci piring di salah satu restoran dengan bayaran US$ 1,20 per jam. Berkat kerja kerasnya, Shahid Khan akhirnya berhasil menyelesaikan gelar B.Sc jurusan teknik industri dari University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC) pada 1971. Shahid Khan pun akhirnya menjadi warga negara AS pada tahun 1991.

Ketika masih duduk di bangku kuliah, Khan sudah mulai mewujudkan mimpinya yang ingin menjadi orang sukses. Kariernya diawali di Flex-N-Gate. Setelah lulus kuliah, dirinya terpilih menjadi Direktur Teknis di perusahaan tersebut. Dia merupakan pelopor pembuatan bumper mobil untuk truk pikap dan bengkel perbaikan.

Sukses menjadi pengusaha bumper mobil dan bengkel, Shahid Khan tak langsung berpuas diri. Ia kemudian berupaya membuat kekayaan yang dimiliki tumbuh dengan menanam saham di dunia olahraga.

Pertama kali, pria berkumis tebal ini berusaha untuk memiliki tim NFL pada tahun 2010. Kesepakatan untuk mengakuisisi 60% St. Louis Rams sempat dibuat. Namun, pemegang saham minoritas Stan Kroenke membatalkan perjanjian tersebut karena terbentur oleh klausul.

Akan tetapi, Khan tidak menyerah begitu saja. Dirinya kemudian membeli Jacksonville Jaguar, salah satu tim American Football pada tahun 2011.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *