Segera Batasi Konsumsinya! Ini 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi

Makanan Penyebab Darah Tinggi
Makanan Penyebab Darah Tinggi. Foto/ilustrasi: Lemak jenuh
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – ADA beragam faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dan faktor yang paling berpengaruh adalah makanan yang dikonsumsi. Apa saja makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi?

Kamu harus mengetahui jenis makanan apa saja yang harus dihindari agar kamu terhindar dari tekanan darah tinggi. Dilansir dari singlecare beberapa makanan tersebut antara lain adalah makanan olahan, lemak jenuh, garam, gorengan, dan konsumsi alkohol berlebihan harus dihindari.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Dr. Landsman melebihi asupan kalori harian yang direkomendasikan juga buruk untuk tekanan darahmu. Terlalu banyak kalori menyebabkan kenaikan berat badan. “Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan darah,” katanya.

Diet tinggi natrium, yang ditemukan dalam banyak makanan dan saus yang diasap atau diawetkan, juga dapat meningkatkan tekanan darah. “Kombinasi yang sangat buruk untuk tekanan darah adalah diet tinggi garam tetapi rendah kalium dari buah-buahan dan sayuran, rendah mineral lain yang dibutuhkan seperti kalsium dari produk susu, dan (rendah) magnesium dari biji-bijian dan sayuran,” kata Jones.

Berikut adalah 7 makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah:

  1. Daging olahan seperti bacon dan hot dog
  2. Makanan kaleng dengan pengawet
  3. Makanan tinggi sodium seperti acar dan keripik kentang atau kentang goreng
  4. Makanan yang digoreng seperti kentang goreng dan potongan ayam
  5. Daging berlemak
  6. Minyak sayur dan margarin, yang tinggi lemak trans
  7. Garam meja

Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Dilansir dari mayoclinic.org tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama hipertensi. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, hal ini berarti kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa (mm Hg). Secara umum, hipertensi adalah pembacaan tekanan darah 130/80 mm Hg atau lebih tinggi.

American College of Cardiology dan American Heart Association membagi tekanan darah menjadi empat kategori umum. Tekanan darah ideal dikategorikan sebagai normal.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *