Subhanallah, Ini 5 Janji Allah Bagi yang Salat Subuh Tepat pada Waktunya

Salat Subuh Tepat pada Waktunya
Salat Subuh Tepat pada Waktunya. Foto/ilustrasi: Unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Merupakan salah satu Salat wajib yang mempunyai daya tarik tersendiri di antara Salat lainya yaitu Salat subuh.

Meski kita semua tahu masing-masing Salat wajib mempunyai keutamaan sendiri-sendiri, akan tetapi ada keutamaan dan keistimewan di dalam Salat subuh. Hal ini disebabkan karena nilainya yang tinggi dalala syariat.Rasulullah SAW mengetahui bahwasanya waktu Salat subuh adalah waktu yang sangat sulit, apabila seorang muslim dibuarkan begitu saja sudah pasti akan memilih untuk tidur atau beristirahat sampai matahari terbit.Sebab itulah Rasulullah SAW mengkhususkan Salat subuh ini begitu istimewa tentu tidak sama dengan Salat lainnya.Banyak sekali keutamaan Salat subuh, salah satu keutamaan nya Rasulullah SAW akan mendoakan umatnya yang bergegas melaksanakan Salat subuh tepat waktu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadis: ” ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bagun untuk Salat  subuh” (HR.Tirmidzi, Abu Dawud, Imam Ahmad dan Ibnu Majah).

Jika Rasulullah SAW berdoa maka tidak ada hijab atau penghalang diantara beliau kepada Allah, karena kita tahu bahwa Rasulullah adalah orang yang secara jasadiyah paling dekat dengan Allah.

Pada hadis lain Rasulullah SAW pernah bersabda: ” barang siapa menunaikan Salat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan kamu mencari jaminan Allah dengan sesuatu selain dari Salat yang pada saat kamu mendapatkannya justru kamu tergelincir kedalam api neraka” (HR. Muslim).

Apabila Allah yang memberikan jaminan maka tidak ada keraguan sedikitpun bagi kita untuk mengingkarinya.

Selain itu waktu Salat subuh adalah waktu terbaik untuk mendapatkan rahmat dan ridho Allah SWT,

Dalam surat Al-Kahfi ayat 28 Allah SWT berfirman: ” dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Tuhan di pagi dan senja hari dengan mengharap keridoan Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharap perhiasan dunia, dan jangan lah kamu mengikuti orang-orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaan itu melewati batas”.

Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila kita bersabar dan terus berharap ridho dari Allah, maka insya Allah, Allah akan memberikan kenikmatan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita.

Dan Allah menegaskan kenikmatan ini hanya akan diberikan kepada hambanya yang selalu mengingat Allah.

Bahkan kenikmatan yang diberikan Allah melebihi kenikmatan dunia dan isinya.

Dari Aisyah rodhiallahu anha, Rasulullah SAW pernah bersabda: dua rakaat saat fajar pahalanya lebih indah dari pada dunia dan isinya” ( HR. Tirmidzi)

Selain itu Allah juga menjamin 5 hal bagi hamba-hambanya yang mengerjakan Salat subuh tepat waktu, sebagaimana dikutip dari channel youtube Setetes Embun.

1. Pahalanya seperti Salat satu malam penuh

Dari Usman bin Affan beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda: ” barangsiapa yang Salat isya berjama’ah maka seakan-akan dia telah Salat setengah malam dan barangsiapa Salat subuh berjama’ah maka seakan-akan dia telah melaksanakan Salat malam satu malam penuh” ( HR. Muslim).

Dengan demikian berarti kita akan mendapatkan pahala yang sangat banyak di sisi Allah, pahala tersebut tidak hanya di dunia saja bahkan saat diakherat kelak Allah akan memberikan pertolongan kepada hamba-hambanya yang mengerjakan Salat subuh tepat waktu.

2. Sebagai sumber cahaya di hari kiamat

Saat kiamat datang seluruh alam semesta akan hancur, matahari akan digulung sehingga keadaan menjadi gulita dan semua makhluk akan mati.

Di saat kita dibangkitkan dan dikumpulkan di padang mahsyar untuk menghadapi pengadilan Allah.

Maka disitulah akan terlihat cahaya dari orang-orang yang semasa hidup di dunia sering melaksanakan Salat lima waktu dan diantaranya adalah Salat subuh tepat waktu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *