Optimalkan UMKM Mahasiswa KKN, UIN Adakan Seminar Digital Marketing

UIN Adakan Seminar Digital Marketing
FOTO BERSAMA : Tim KKN UIN Walisongo foto bersama dengan masyarakat pemilik UMKM di Kelurahan Sembungharjo semarang usai seminar digital. Foto/ilustrasi: ist
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



SEMARANG, Hajinews.id – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Angkatan 79 Posko 15 mengadakan Seminar Digital Marketing bertema “Peran Digital Marketing dalam Menunjang Kinerja UMKM” belum lama ini di Balai Kelurahan Sembungharjo.

Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memasarkan produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Seminar marketing sebelumnya sudah pernah ada, harapannya masyarakat bisa lebih mengembangkan. Tujuannya peningkatan pengembangan produktivitas kemasyarakatan terlebih dari produk lokal Sembungharjo” kata Kepala Kelurahan Sembungharjo Sumarjono.

Sumarjono juga memberikan motivasi agar masyarakat semangat melakukan perbaikan dan menyempurnakan proses marketing ini.

“Harus semangat membuat perbaikan dan kesempurnaan. Harapannya yang sudah punya UMKM tidak terbatas di kios ataupun toko, namun juga dikembangkan melalui sosial media”  tambah Sumarjono.

Salah satu pembicara Syaiful Bakhri menjelaskan kondisi terkini Indonesia terlebih dalam bidang pemasaran. Pemasaran yang dihasilkan lebih merujuk pada produk daripada jasa.

“Di Indonesia banyak yang menjual produk daripada jasa. Belum seimbang, padahal jasa tersebut menarik dengan hasil harga yang lebih tinggi. Di luar negeri banyak yang menghasilkan jasa dengan penghasilan lebih tinggi” tegas Saiful.

Akhir-akhir ini warganet juga ramai mengkaji marketing offline dan online. Saiful juga membandingkan keduanya dengan diskusi interaktif bersama masyarakat Sembungharjo.

”Biasanya marketing offline  butuh sewa tempat dan terbatas informasinya sedangkan online lebih sederhana dengan menyiapkan iklan yang menarik, namun semua penjuru bisa mendapatkan informasi” jelas Saiful. Dia memberikan kiat-kiat untuk memulai marketing online dimulai dari mengarahkan masyarakat untuk mendaftar UMKM ke media sosial contohnya google maps, Instagram, go food dan masih banyak lagi.

“Dunia sekarang terhubung dengan perangkat. Adanya google maps bisa membantu konsumen untuk membeli dagangan,’’ Dosen UIN Walisongo itu.

“Tak jarang juga ada yang membuat affiliate marketing. Affiliate marketing merupakan upaya pemasaran dengan memberikan komisi bagi orang yang bisa memasarkan produknya,’’ katanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *