Masya Allah, 13 Hal yang Dapat Menerangi Seseorang di Alam Kubur

Menerangi Seseorang di Alam Kubur
Menerangi Seseorang di Alam Kubur. Foto/ilustrasi: kuburan/unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Seseorang yang meninggal dengan membawa banyak amal merupakan keinginan setiap orang. Alasan itulah yang nantinya dapat menjadi penerang saat di alam kubur dan mampu menjauhkan dari siksa api neraka.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menganjurkan kepada umatnya untuk berlindung dari siksa kubur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, tidak pernah lepas berdoa setelah salatnya memohon dijauhkan dari siksa kubur tersebut.

Dari Ibnu Umar RA yang mengatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “Sesungguhnya seseorang diantara kalian apabila mati ditampakkan kepadanya setiap pagi dan petang kedudukannya”.

Jika Dia termasuk ahli Surga, maka surgalah yang ditampakkan kepadanya. Dan jika dia ahli neraka, maka yang ditampakkan kepadanya adalah neraka. Lalu dikatakan kepadanya, ” Inilah tempatmu kelak, sampai Allah membangkitkan kamu”.

Dari penjelasan hadits Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa setiap muslim dianjurkan untuk selalu berdoa memohon kepada Allah agar dijauhkan dari siksa kubur dan fitnah setelah mati. Lantas apa saja amalan penerang kubur.

Berikut ini 13 amal penerang kubur yang bisa dikerjakan saat di dunia, seperti dikutip dari kanal YouTube Luel Channel.

  1. Mengerjakan salat lima waktu

Salah satu kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu mengerjakan salat lima waktu sebagai perintah dari Allah. Karena dengan mengerjakannya maka akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

“Salat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti nyata, sabar itu sinar dan Al-Qur’an adalah pembelamu atau penuntutmu ” (Hadits Riwayat Muslim).

  1. Perbanyak sedekah

Amalan selanjutnya yang mampu menjadi penerang kubur yaitu dengan bersedekah. Memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada orang-orang yang membutuhkan merupakan bentuk rasa sosial dan peduli kepada sesama.

Memperbanyak sedekah juga merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir walaupun orang tersebut sudah meninggal. Dalam hadits riwayat Muslim Ath Thabrani diterangkan, ” sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”.

“Jika anak cucu ada mati maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan orang tuanya” (HR muslim).

  1. Doa anak sholeh

Salah satu penyebab penerang alam kubur seorang muslim yaitu doa dari anak yang sholeh. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: ” jika anak cucu ada mati maka semua amal perbuatannya terputus, kecuali tiga hal sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, anak soleh yang mendoakan orang tuanya ” (Hadits Riwayat Muslim).

  1. Membaca Al-Qur’an agar mendapat syafaat

” Bacalah Al-Qur’an. Karena sesungguhnya di hari kiamat nanti, Ia akan menjadi syafaat kepada orang-orang yang mengikutinya” (HR Muslim).

  1. Doa selamat di alam kubur yang dibaca pada saat tahiyat akhir

“Ya Allah aku berlindung kepada engkau dari azab siksa kubur dan dari siksa neraka dan fitnah kehidupan fitnah setelah kematian dan fitnah dari Al masih ad Dajjal”.

  1. Rajin membaca Surat Al Mulk

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, salah satu pencegah dan penyelamat seseorang dari siksa kubur adalah dengan memperbanyak membaca surat Al- Mulk semasa hidupnya.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pernah bersabda: “Ada suatu surat yang membela pembacanya hingga memasukkannya ke dalam surga, yaitu tabarokalladzi biyadihimulkum”.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *