Hikmah Malam: Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Di jaman sekarang, sumber ilmu dengan mudah bisa kita peroleh, tanpa harus melangkahkan kaki. Beda dengan para ulama salaf, beribu km mereka tempuh agar bisa bertemu guru yang bisa mengajarkan ilmu agama Islam. Walau begitu banyak kemudahan yang bisa kita raih dengan teknologi yang ada saat ini, hendaknya sempatkan diri untuk menghadiri majelis ilmu secara langsung.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim : 2699)

Dalam hadits lain disebutkan:

فَيَقُولُ: فَأُشْهِدُكُمْ أَنِّي قَدْ غَفَرْتُ لَهُمْ ” قَالَ: ” يَقُولُ مَلَكٌ مِنَ المَلاَئِكَةِ: فِيهِمْ فُلاَنٌ لَيْسَ مِنْهُمْ، إِنَّمَا جَاءَ لِحَاجَةٍ. قَالَ: هُمُ الجُلَسَاءُ لاَ يَشْقَى بِهِمْ جَلِيسُهُمْ

Allah Ta’ala berfirman, “Maka Aku persaksikan kepada kalian  (wahai para Malikat) sungguh aku telah mengampuni dosa mereka (yang hadir di majlis ilmu), Lalu diantara Malaikat ada yang berkata, “Wahai Ya Allah, diantara yang hadir ada si fulan yang bukan dari kumpulan mereka, ia hanya datang untuk keperluan (lain). Allah berfirman, “mereka adalah majlis yang tidak akan rugi siapapun yang duduk dengan mereka” (HR Bukhari : 6408).

Hadits diatas menunjukan bahwa kalau orang yang hadir di majlis ilmu walaupun niatnya bukan untuk mempelajari ilmu, ia tetap mendapat ampunan karena sebab keberkahan berada di majlis ilmu, maka bagaimana pula yang berjalan dari rumahnya dengan niat mengkaji ilmu walaupun di majlis tersebut sambil ngantuk ngantuk ? Oleh karena itu, wahai Saudaraku, semangatlah untuk tetap berjalan melangkahkan kaki menghadiri majlis ilmu.

Majlis ilmu adalah taman surga di dunia ini. Sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا قَالُوا وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ قَالَ حِلَقُ الذِّكْرِ

”Jika kamu melewati taman-taman surga, maka singgahlah dengan senang.” Para sahabat bertanya,”Apakah taman-taman surga itu?” Beliau menjawab,”Halaqah-halaqah  dzikir” (majlis ilmu)” ( HR Tirmidzi : 3510,  Lihat Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah : 2562).

Maka berangkatlah, melangkahlah, tempuhlah perjalanan ke taman surga dunia, semoga dengannya di mudahkan untuk menempuh surga akhirat.

✍🏼 Ustadz Abu Ghozie As Sundawie hafidzahulloh.

ㅤㅤ

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *